Kompas TV regional berita daerah

Cegah Sebaran PMK, Pemkab Tegal Berhentikan Pengiriman Sapi

Kompas.tv - 24 Mei 2022, 14:26 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Polisi dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, Jumat Siang, melakukan razia ke sejumlah peternakan sapi, salah satunya di lokasi peternakan sapi di Desa Bogares, Kecamatan Pangkah. pengawasan ketat dilakukan menyusul munculnya wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK pada sapi yang telah meluas ke sejumlah daerah di Jawa Tengah.

 

Petugas memeriksa kondisi mulut dan kaki sapi, untuk mengetahui apakah hewan ternak tersebut terjangkit virus PMK. sebanyak empat belas peternakan warga telah didatangi petugas gabungan untuk melakukan pemeriksaan intensif pada ternak sapi. hasilnya belum ditemukan adanya hewan ternak yang terjangkit virus PMK.

 

Selain melakukan pengawasan, pengiriman sapi dari Jawa Timur dan daerah penyebaran lain di Jawa Tengah untuk sementara waktu di stop, guna mencegah penularan wabah PMK di Kabupaten Tegal. kebijakan ini ditempuh setelah melihat tren kasus PMK yang cenderung meluas dan meningkat tidak hanya di wilayah Jawa Timur namun sudah meluas hingga sejumlah daerah di Jawa Tengah.

 

Para peternak juga melakukan pencegahan ketat dengan menyemprotkan bio sekuriti ke kandang, serta rutin memberikan suntikan vitamin dan suplemen makanan sapi, agar sapi tidak mudah tertular virus PMK.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x