Kompas TV nasional peristiwa

Kapolda Metro Jaya Lantik 8 Polwan Jadi Kapolsek: Perempuan Juga Bisa Memimpin

Kompas.tv - 24 Mei 2022, 13:41 WIB
kapolda-metro-jaya-lantik-8-polwan-jadi-kapolsek-perempuan-juga-bisa-memimpin
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (Sumber: Kompas.com/Sonya Teresa )
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melantik 8 polisi wanita sebagai Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) hari ini.

Irjen Fadil Imran menuturkan, dilantiknya 8 polisi wanita sebagai Kapolsek adalah bentuk komitmennya dalam kesetaraan gender.

Demikian Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dalam wawancaranya dengan Jurnalis KOMPAS TV Ferdiansyah Marlupy seusai melantik 28 Kapolsek, Selasa (24/5/2022).

“Khususnya kepada para polisi wanita, saat ini dari 28 kapolsek yang saya lantik, 8 orang di antaranya adalah perempuan. Ini adalah bentuk komitmen saya dalam kesetaraan gender,” ucap Fadil Imran.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Beri Pesan 28 Kapolsek yang Dilantik: Jangan Ada Begal, Tawuran, dan Narkoba

“Dan ini adalah konsistensi saya untuk terus melakukan pembaharuan di tubuh Polda Metro Jaya. Bagi saya, perempuan juga bisa memimpin,” kata Fadil.

Lebih lanjut Fadil mengatakan ada beberapa kriteria yang membuatnya terus membangun komitmen dalam mengangkat polisi wanita menjadi kapolsek.

“Dan tidak tanggung-tanggung, saya memberikan jabatan Kapolsek perempuan di tempat-tempat yang sebelumnya tidak pernah dijabat oleh polwan. Menteng, Penjaringan dan beberapa polsek-polsek lain yang selama ini dijabat oleh polisi laki-laki,” ujarnya.

Bagi Fadil, polwan juga memiliki sensitivitas yang sangat tinggi dan memiliki jiwa anti-kekerasan cukup tinggi.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Beri Pesan 28 Kapolsek yang Dilantik: Jangan Ada Begal, Tawuran, dan Narkoba

“Perempuan memiliki sensitivitas yang tinggi. Perempuan memiliki jiwa anti kekerasan yang tinggi. Perempuan sensitif terhadap kekerasan dan kejahatan seksual. Perempuan lebih bisa dan lebih tajam dalam melakukan langkah-langkah problem solving,” kata Fadil.

“Buktikan itu dan bagi polisi perempuan atau polwan dan laki-laki, semua Anda adalah setara,” kata Kapolda Metro Jaya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x