Kompas TV nasional budaya

Ilustrasiana, Pameran Ilustrasi Bentara Budaya

Kompas.tv - 24 Mei 2022, 03:35 WIB
ilustrasiana-pameran-ilustrasi-bentara-budaya
Bentara Budaya di bulan Mei ini mengadakan pameran ilustrasi bertajuk ILUSTRASIANA. (Sumber: Dok Bentara Budaya)

BOGOR, KOMPAS.TV - Ilustrasi sering kali dikaitkan dengan sampul sebuah buku, padahal ilustrasi tidak hanya terkait dengan sampul buku saja.

Dalam perkembangannya, ilustrasi berperan besar bagi manusia, terutama bagi dunia seni. Ilustrasi memudahkan manusia untuk menebak hal yang bersembunyi dalam sisi simbolik ilustrasi.

Ilustrasi juga sering bersinggungan dengan disiplin ilmu yang lain, setidaknya dengan ilmu semiotik. Hal ini terkait dengan pesan-pesan yang disampaikan oleh ilustrasi yang ada.

Perkembangan ilustrasi menjadi perhatian Bentara Budaya, sebagai penanda perkembangan kebudayaan, maka sesungguhnya ilustrasi merupakan sisi kehidupan yang berada ada di garda depan.

Bentara Budaya mengadakan pameran ilustrasi bertajuk ILUSTRASIANA, yang diselenggarakan pada bulan Mei 2022. Kegiatan ini diawali dengan pameran di Bogor Creative Center yang dibuka oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, Sabtu, 21 Mei 2022 pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: Acara Lintas Budaya Jogja Cross Culture 2022 Siap Eksplorasi Ruang Publik di Malioboro

Pameran ini akan menampilkan karya ilustrasi dari ilustrator-ilustrator Indonesia, seperti Aditya Saputra, Alodia Yap, Diyan Bijac, EorG, Gerdi WK, Hari Prast, Iqbal Amirdha, Mohammad Taufiq (Emte), Triyadi Guntur W.

Kemudian Yanita Indrawati, Yulian Ardhi, Anindyo Widito, Komunitas Segar Deskov IKJ, Guruh Ramdani, Thomdean, Dessaf, Rizky Tulang, serta Rizky Muhammad Dylan.

Pameran direncanakan akan diadakan di beberapa kota antara lain: Bogor, Bandung, Ambon, Payakumbuh dan Pematang Siantar, Yogyakarta dan akan berakhir di Bentara Budaya Jakarta di akhir September nanti.

Pameran ini diadakan dalam rangka menumbuhkan dan mengangkat dunia ilustrasi dengan para ilustrator, mewadahi dan menyampaikan aspirasi dan inspirasi mereka, terutama di daerah-daerah.

Tema dari pameran ini adalah MULTIKULTURAL. Manusia membutuhkan manusia lain sebagai model dan pewujud gagasan bersama tentang dunia.

Konsep bersama ini telah ada sejak dulu di Nusantara, kita telah berkomunikasi, bertukar hasil bumi hingga terjadi silang budaya meskipun tersebar di pulau-pulau yang berjauhan. Kehidupan multikultural telah mengendap, berakar dan menjadi keseharian manusia Indonesia kini.

Tema besar multikulturalisme ini menarik dan relevan untuk diangkat kembali dalam sebuah forum karya para ilustrator nasional di sebuah pameran yang digagas oleh Bentara Budaya menuju ulang tahunnya yang ke-40 nanti.

Baca Juga: Pameran Literasi Lelaku Nulis 70 Tahun Sindhunata di Bentara Budaya Yogyakarta

Bogor merupakan kota yang menjadi pembuka rangkaian pameran ilustrasi bertajuk “Ilustrasiana” ini yang selanjutnya akan diselenggarakan di beberapa kota lain di Indonesia.

Bogor patut menjadi yang pertama karena tak hanya mencerminkan multikulturalisme yang nyata, namun menunjukkan potensi manusia-manusia kreatif warganya.

Melalui seni ilustrasi, para ilustrator Kota Bogor dan ilustrator dari kota lain memperlihatkan keragaman yang dibangun oleh karakter, pikiran, narasi dan cara representasi karya manusia yang berbeda-beda (multi personal). Secara personal para ilustrator ini terkumpul dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda-beda, mereka dipersatukan oleh satu bahasa yaitu bahasa visual.

Bentara Budaya berharap pameran ini akan menjadi langkah awal kembali lebih menggiatkan dan mengukuhkan dunia ilustrasi dan ilustrator di tengah hiruk pikuknya seni rupa di Indonesia khususnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x