Kompas TV regional berita daerah

TMMD Bangun Akses Jalan Di Nusa Penida

Senin, 23 Mei 2022 | 14:02 WIB

Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - TNI Manunggal Membangun Desa - TMMD, terus digencarkan untuk membangun negeri. Tahun 2022 ini, di Bali, TMMD secara khusus dipusatkan di wilayah kepulauan Nusa Penida, yang menyandang sebagai kawasan pulau-pulau terluar indonesia, di Kabupaten Klungkung, Bali.

TMMD ke-113 di Pulau Nusa Penida ini membangun akses jalan di 3 titik sekaligus, yakni di Desa Bunga Mekar, Desa Batukandik, dan Desa Sakti. Dengan panjang total  jalan yang dibangun 3.174 meter dengan lebar 6 meter. Selain pembangunan jalan, TNI juga membantu pembuatan MCK warga, dan pembuatan lapangan bola volli. Untuk pembiayaan menghabiskan hampir Rp. 2 miliar rupiah dari dana APBD Kabupaten Klungkung, dan dana Mabes TNI. Proyek inipun dikerjakan oleh 150 personel TNI, bergotong royong dengan warga sekitar.

Danrem 163 Wirasatya, Brigjen TNI Choirul Anam mengatakan, TMMD 113 ini sengaja difokuskan membangun wilayah kepulauan, karena akses jalur pariwisata dan pendidikan sangat dibutuhkan untuk peningkatan perekonomian warga setempat.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, TNND 113 ini menjadi satu upaya memecah kemacetan yang selama ini terjadi, utamanya saat kunjungan wisata ramai. TMMD ini sangat membantu, dengan anggaran terbatas dan sistem gotong royong yang diterapkan bisa menyelesaikan jalan yang panjang dan lebar. Bahkan pembangunan bisa dilakukan lebih cepat.

Sementara beberapa perbekel sangat berterima kasih dengan program ini, sehingga dapat membangun desa yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian.

Kegiatan fisik dan non fisik dalam bakti TNI yang dilakukan, mewujudkan  percepatan pembangunan di wilayah  yang masih terisolir dan sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.

 

 

 

 

#tmmd113 #tni #pemkabklungkung

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x