Kompas TV internasional kompas dunia

Kanada Larang Ekspor dan Impor Minuman Beralkohol Hingga Berlian dari Rusia

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 06:18 WIB
kanada-larang-ekspor-dan-impor-minuman-beralkohol-hingga-berlian-dari-rusia
Sejumlah orang terlihat di dalam sebuah pusat perbelanjaan di Vancouver, British Columbia, Kanada, pada 11 Maret 2022. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

OTTAWA, KOMPAS.TV- Kanada memberlakukan sanksi baru terhadap Rusia, karena melakukan invansi ke Ukraina. Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengumumkan larangan ekspor barang mewah tertarget ke Rusia serta larangan impor barang mewah tertarget dari Rusia.

Barang mewah tertarget yang dilarang diekspor ke Rusia diantaranya adalah minuman beralkohol, tembakau, sejumlah produk tekstil dan pakaian olahraga, alas kaki, pakaian mewah dan aksesori, perhiasan, peralatan dapur, serta karya seni.

Sedangkan barang mewah tertarget yang dilarang diimpor dari Rusia meliputi minuman beralkohol, makanan laut, ikan, dan berlian nonindustri.

Baca Juga: Joe Biden Dilarang Masuk Rusia Selamanya, tapi Donald Trump Malah Boleh

Kedua kategori tersebut mempunyai nilai perdagangan sebesar 75,7 juta dolar Kanada atau sekitar Rp868 miliar (1 dolar Kanada = Rp11.471) pada tahun 2021.

Kanada juga memberlakukan sejumlah sanksi baru terhadap 14 individu termasuk para oligarki Rusia, anggota keluarga mereka, dan kolega dekat dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Larangan-larangan ini akan membantu mengurangi peluang bagi para oligarki Rusia itu untuk menghindari pembatasan di pasar barang mewah lain. Selain itu, Kanada juga memberlakukan larangan terhadap ekspor barang yang dapat digunakan dalam produksi dan pembuatan senjata oleh Rusia.

Sejak 24 Februari tahun ini, Kanada telah memberlakukan sanksi terhadap lebih dari 1.000 individu dan entitas dari Rusia, Ukraina, dan Belarus.

Baca Juga: Zelensky Ungkap Putin Telah Diperintahkan PBB Pindahkan "Segunung" Jasad Tentara Rusia di Ukraina

Di sisi lain, Rusia juga telah menerapkan sanksi balasan kepada Kanada. Pejabat Kanada yang dijatuhi sanksi Rusia antara lain Perdana Menteri Justin Trudeau, Menteri Luar Negeri Melanie Joly, Menteri Pertahanan Anita Anand, serta anggota parlemen Kanada.

Mereka yang terkena sanksi dilarang masuk ke wilayah Federasi Rusia.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x