Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114

Jumat, 20 Mei 2022 | 18:05 WIB
kakanwil-kemenkumham-sulsel-pimpin-upacara-hari-kebangkitan-nasional-ke-114
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 (Sumber: kanwilkumham sulsel)

Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan gelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional  (Hartiknas) ke-114 dengan tema "Ayo Bangkit Bersama", di pelataran Kanwil Sulsel, Jumat (20/5).

Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak bertindak sebagai Inspektur Upacara.  Dalam kesempatan ini, Kakanwil membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Johnny G. Plate.

kakanwil menyampaikan,  peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional," Ungkap Liberti saat bacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Kakanwil mengatakan, Pada sisi penanganan COVID-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka  5.000 kasus (Data per 13 Mei 2022).

"Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan," Kata Liberti.

Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi COVID-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat.

"Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini," Lanjut Kakanwil.

Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang  menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang  sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!

Kakanwil Liberti berpesan kepada semua jajarannya untuk bersama-sama mendukung program pemerintah agar menjadikan momentum Hari Kebangkitan Nasional untuk bangkit bersama ditengah Pandemi Covid19 yang masih belum berakhir. "Penanganan saat ini sudah terkendali dan sesuai arahan Presiden, Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker d Ruang Terbuka," Pesan Kakanwil.

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV Makassar

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x