Kompas TV tekno aplikasi

WhatsApp Bikin Memori Internal Penuh? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 15:54 WIB
whatsapp-bikin-memori-internal-penuh-begini-cara-mengatasinya
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang amat populer di Indonesia. Namun, sayangnya, besarnya data aplikasi terkadang terlalu memenuhi kapasitas memori internal ponsel, apalagi bagi pengguna yang memiliki ponsel tidak terlalu bagus.

Untungnya, data aplikasi WhatsApp yang bisa mencapai bergiga-giga itu bisa diatasi. Berikut cara mengatur agar data aplikasi WhatsApp tidak memenuhi memori internal ponsel.

WhatsApp sendiri digunakan untuk berkomunikasi melalui pesan (chat), telepon, atau panggilan video. Media-media dan arsip pesan yang dikirimkan pengguna pun akan terekam dalam memori ponsel sehingga membuat memori internal sesak.

Maka dari itu, rutin menghapus sebagian data WhatsApp yang sudah tidak terpakai cukup penting, terutama bagi pengguna yang memiliki ponsel berkapasitas memori internal cekak. Apabila beban memori internal sedikit dibebaskan, maka ponsel dapat dioperasikan dengan lebih nyaman.

Baca Juga: Jangan Salah Lagi! Ini Makna Sebenarnya dari Beberapa Emoji WhatsApp yang Populer

Sebaliknya, jika kapasitas memori internal hampir penuh, ponsel menjadi kurang nyaman untuk digunakan. Lalu, bagaimana cara memangkas data WhatsApp agar tidak memenuhi memori internal ponsel?

Caranya adalah menghapus media dan arsip pesan yang sudah tidak penting. Tentu, Anda perlu menyeleksinya agar data yang penting tidak ikut terhapus.

Sebagaimana termuat dalam kolom frequently asked questions (FAQ) WhatsApp, berikut cara memangkas data WhatsApp agar tidak memenuhi memori internal ponsel.

1. Masuk ke aplikasi WhatApp

2. Di halaman muka, ketuk menu titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih "setelan"

3. Klik "data dan penyimpanan" lalu pilih "kelola penyimpanan"

4. Pilih "diteruskan berkali-kali", "lebih besar dari 5 MB", atau pilih jendela chat tertentu

Baca Juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web saat Ponsel Mati, Bisa Buka di 4 Perangkat

5. Anda dapat menghapus semua item sekaligus dengan cara mengeklik "pilih semua". Anda juga bisa sekadar menghapus item yang diseleksi dengan cara mengetuk dan menahan item tersebut, lalu menghapusnya.

6. Ketuk hapus

7. Pilih "hapus item berbintang" untuk menghapus arsip berbintang

8. Pilih "hapus semua salinan" untuk menghapus item salinan

9. Lalu ketuk "hapus"

Setelah melalukan seleksi arsip ini, ponsel Anda berpeluang beroperasi dengan kapasitas memori internal yang lebih lega.



Sumber : WhatsApp


BERITA LAINNYA



Close Ads x