Kompas TV nasional peristiwa

Imigrasi Indonesia Pastikan Dokumen UAS dan Keluarga Lengkap untuk ke Singapura

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 17:15 WIB
imigrasi-indonesia-pastikan-dokumen-uas-dan-keluarga-lengkap-untuk-ke-singapura
 Ustaz Abdul Somad (UAS) dan istrinya  Fatimah Az Zahra saat melaksanakan pernikahan. Pihak Imigrasi Singapura menolak keberadaan UAS dan keluarganya yang hendak berkunjung ke negara tersebut. (Sumber: Tribunnews/Husein Sanusi)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS. TV- Kantor Imigrasi Batam memastikan dokumen keimigrasian milik Ustaz Abdul Somad (UAS) lengkap saat melakukan perjalanan ke Singapura.

"Untuk keberangkatan, dokumen keimigrasian yang digunakan UAS lengkap. Untuk itu berangkat dari Batam ke Singapura kemarin tidak ada masalah," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam, di Batam, Selasa (17/5/2022).

Hal itu, kata Subki telah dikonfirmasi kepada petugas pemeriksaan imigrasi di Pelabuhan Internasional Batam Center.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Soal Dideportasi dari Singapura: Karena Teroris? Karena ISIS?

Dia menjelaskan, UAS hanya berangkat dengan rombongan kecil yang diduga merupakan anggota keluarga.

Dengan rombongan kecil ini, Subki menyebut UAS pergi ke Singapura, menggunakan kapal Majestic tujuan Batam Center - Tanah Merah, Singapura.

"Tidak ada pendamping atau protokoler dari UAS yang ikut. Hanya rombongan inti saja. Mengenai jumlah rombongan kebetulan kita juga tidak mengetahuinya," ungkapnya, dilansir dari Antara

Baca Juga: Dideportasi dari Singapura, Abdul Somad Duga Masih terkait Pilpres 2019

Subki juga menegaskan Ustaz Abdul Somad tidak dideportasi, melainkan ditolak masuk Singapura.

Hal ini karena UAS belum memasuki wilayah Singapura, melainkan masih berada di bagian pemeriksaan paspor Pelabuhan Tanah Merah.

"Bahasanya bukan dideportasi, melainkan ditolak saat masih dalam proses pemeriksaan dokumen keimigrasian oleh petugas di sana," tegasnya.

Sedangkan untuk alasannya, pihak Imigrasi Batam juga belum mendapatkan alasan Imigrasi Singapura menolak kedatangan UAS.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Mengaku Dideportasi dari Singapura, Dubes RI: UAS Tidak Diizinkan Berkunjung

"Mengenai alasan itu otoritas di sana, kami juga tidak mengetahuinya. Namun sepertinya yang ditolak hanya UAS saja, tidak beserta rombongan," ucapnya.

Begitu juga yang disampaikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura, dia menegaskan bahwa UAS tidak dideportasi pihak imigrasi setempat.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x