Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Jemaat Padati Vihara Dhammasoka, Sambut Perayaan Waisak Setelah Dua Tahun Digelar Online

Senin, 16 Mei 2022 | 18:33 WIB

Penulis : KompasTV Banjarmasin

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Vihara Dhammasoka Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar ritual detik-detik peringatan waisak untuk jemaat secara langsung di lokasi.

Kondisi ini berbeda dari tahun sebelumnya, saat ibadah dilakukan secara online karena ada pembatasan untuk menangani virus corona.

Baca Juga: Rayakan Waisak, Umat Buddha di Vihara Dhammasoka Banjarmasin Jalani Prosesi Pindapata

Sehingga pihak pengelola vihara mengaku bersyukur lantaran disambut antusias para jemaat yang menghadiri peribadatan di vihara dengan tetap menggunakan masker dalam menerapkan protokol kesehatan covid-19.

"Umat buddha sebetulnya bersyukur karena kondisi sekarang kan sudah lebih longgar, karena kita sudah rindu bisa beribadah memperingati hari besar secara bersama-sama seperti sebelum pandemi," ucap Pandita Vihara Dhammasoka Banjarmasin, Tomy Winata.

Di momen detik-detik waisak, Kepala Vihara Dhammasoka Banjarmasin, Bhikkhu Saddhaviro Mahathera, menekankan untuk para jemaat agar tetap membangun kedamaian dengan moderasi keagamaan lewat diri dan lingkungan di sekitar.

"Mari kita berkontribusi walaupun sekecil mungkin bagaimana menjaga kerukunan, kekompakan dan kebersamaan," ajak Kepala Vihara Dhammasoka Banjarmasin, Bhikkhu Saddhaviro Mahathera.

Baca Juga: Pemkot Banjarbaru Wajibkan ASN Donor Darah Sebelum Mengambil SK, UTD Rumah Sakit Terbantu

Bukan hanya umat buddha saja, melainkan semua elemen bangsa juga turut andil agar Indonesia tetap aman dan damai.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x