Kompas TV regional berita daerah

Penyakit Mulut dan Kuku, Ganjar : Bisa Diobati

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 13:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ditemui usai menghadiri Sidang Paripurna DPRD Jawa Tengah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Jawa Tengah tergolong aman. Menurut tim dokter, penyakit pada hewan ternak tersebut bisa diobati dan sembuh dengan waktu 3 hingga 5 bulan. Di Jawa Tengah sudah ditemukan kasus PMK pada hewan ternak di 3 daerah dan mendapat perhatian khusus untuk penanganannya.

Pengecekan intensif juga terus dilakukan. Laporan sementara dari surveilans di lapangan, hewan ternak yang terdeteksi PMK tidak banyak di Jawa Tengah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga sudah menyiapkan langkah untuk menempatkan hewan yang terinfeksi ke tempat karantina.

"Masih bagus, masih terkontrol dan beberapa yang ada, kalau menurut dokter hewan bisa diobati butuh waktu kurang lebih 3 sampai 5 bulan" ujar Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen meminta agar ada pelaporan yang jelas terkait jual beli hewan terutama di daerah perbatasan, termasuk kondisi kesehatan hewan.

"Jika kita memberi hewan dari perbatasan, kalau bisa sebelum dibawa ke Jawa Tengah di karantina dulu, untuk mengetahui kondisi kesehatannya" kata Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah berkomunikasi dengan Polda Jawa Tengah untuk memperketat masuknya hewan ternak di daerah perbatasan.

#penyakitmulutdankuku #hewanternak #ganjarpranowo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x