Kompas TV advertorial

Merapah Pesona Danau Toba, Destinasi Super Prioritas Kelas Dunia #DiIndonesiaAja

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 16:38 WIB
merapah-pesona-danau-toba-destinasi-super-prioritas-kelas-dunia-diindonesiaaja
Salah satu pintu masuk hutan adat di daerah Danau Toba (Sumber: Jalan-Jalan Kompas TV)
Penulis : Adv Team

 

KOMPAS.TV - Pengembangan dan promosi lima destinasi #DiIndonesiaAja menjadi fokus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Lima destinasi yang tergabung dalam Destinasi Super Prioritas yaitu Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Kali ini, Rezha Disastra dan Steffy Ai akan mengajak Anda berwisata virtual ke Danau Toba, Sumatra Utara pada program Jalan-Jalan episode 2.


Selain dikenal berkat keindahan danaunya, masih banyak potensi wisata budaya dan kuliner untuk dieksplorasi.

Tips bepergian saat pandemi

Bepergian saat pandemi Covid-19 memang memerlukan kehati-hatian dan persiapan ekstra.

Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, ada sejumlah tips yang perlu Anda perhatikan.

Sebelum bepergian, Anda harus memastikan tubuh dalam kondisi sehat. Selain menyiapkan bawaan pribadi esensial, siapkan juga botol minum, masker cadangan, dan hand sanitizer. Jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan yang berlaku.

Anda juga perlu memastikan tujuan wisata telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Ceklah tempat wisata tersebut apakah sudah telah tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment).

Menikmati pesona dan keseruan di Danau Toba

Danau Toba bisa ditempuh menggunakan jalur darat, laut, ataupun udara. Jalur udara menggunakan pesawat tergolong paling umum dan banyak diminati.

Anda bisa turun di bandara Silangit di daerah Siborongborong. Selanjutnya, Anda bisa menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum seperti bus DAMRI.

Baca Juga: Selain Nikmati Alam, Ini Alasan Lain Presiden Jokowi Pakai Motor saat Kunker ke Kawasan Danau Toba

Jika Anda berencana pergi ke wilayah Toba Samosir di Sumatera Utara, The Kaldera Nomadic Escape bisa dijadikan pilihan. Wilayah yang dikelola Badan Pelaksana Otorita Danau Toba ini menyajikan pemandangan memesona langsung menghadap Danau Toba.

Anda bisa langsung melihat danau vulkanik tersebut dari ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Pesona pemandangan di sini juga bisa dinikmati sambil melakukan trekking ringan di bawah pepohonan rindang.

Wilayah dengan luas hampir dua hektar ini juga dilengkapi amphiteater yang cukup luas. Berbagai kegiatan komunitas lokal pun kerap dilakukan di tempat ini.

Selain pesona pemandangannya, The Kaldera Nomadic Escape juga menyediakan pengalaman camping yang menarik. Pengunjung bisa meniginap di bubble tent atau nomadic cabin yang langsung menghadap ke arah lembah di Danau Toba.

Tidak hanya itu, The Kaldera Nomadic Escape juga menyerap tenaga kerja dari warga sekitar. Mayoritas pekerja di sini adalah warga lokal yang dibina oleh Kemenparekraf.

Sebelum memasuki wilayah The Kaldera Nomadic Escape, pengunjung diminta mencuci tangan dan memindai QR Code melalui PeduliLindungi. Pengunjung juga diwajibkan selalu mengenakan masker dan menaati protokol kesehatan selama berwisata.

Di wilayah The Kaldera terdapat sepasang kursi dan satu meja bulat yang berhasil mencuri perhatian. Spot ini mendadak viral sejak Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana berfoto di sela kunjungan presiden 2019 lalu.

Foto tersebut kemudian diunggah ke berbagai media sosial. Sejak saat itu, spot ini banyak dicari wisatawan dan akhirnya diberi nama Jokowi Point. Dari Jokowi Point Anda akan mendapatkan pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir yang memesona.

Setelah lelah berwisata seharian, Anda bisa mencoba camping di tenda yang tersedia. Anda tidak perlu khawatir karena sebelum ditempati tiap tenda sudah dibersihkan dan disemprotkan cairan disinfektan.

Keesokan harinya, Anda akan disambut udara sejuk dengan matahari terbit yang cantik. Agar tubuh terasa segar, tidak ada salahnya mengawali hari dengan mencicipi kopi khas Toba.

The Kaldera juga menawarkan atraksi seni berupa tarian khas Batak yaitu tari tortor Sulaman. Tarian ini menceritakan persaudaraan orang Batak dan menggambarkan kebudayaan Batak modern tanpa meninggalkan ciri khas tortor.

Jika ingin merasakan aktivitas yang lebih menantang Anda bisa mencoba mengendarai ATV. Tenang saja, pemula akan didampingi pemandu, terutama saat melintasi track ekstrem.

Menjelajah Desa Wisata Tipang

Pada November 2021, Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno berkesempatan mengunjungi Desa Tipang. Desa wisata ini berhasil masuk nominasi "50 Desa Anugerah Wisata Indonesia 2021" berkat keindahannya.

Sebelum sampai di Desa Tipang, Anda bisa terlebih dahulu mampir ke Pelabuhan Penyebrangan Ajibata. Pelabuhan yang sudah ada sejak 1986 ini merupakan tempat penyebrangan feri pertama di Danau Toba.

Saat ini Pelabuhan Ajibata telah direvitalisasi dengan konsep lebih modern. Perombakan pelabuhan mulai dibangun pada 2018 dan rampung tahun lalu. Bahkan, Presiden Jokowi beberapa bulan lalu sudah meresmikan Pelabuhan Ajibata.

Pelabuhan di Kabupaten Toba ini merupakan penyeberangan untuk menjangkau Pulau Samosir. Harga untuk naik feri dari Pelabuhan Ajibata ke Samosir sekitar Rp 110 ribu dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Dalam perjalanan menyebrang, Anda bisa sambil menikmati pemandangan Danau Toba yang sangat memesona. Danau Toba memiliki luas hampir dua kali lipat Jakarta sehingga toba dinobatkan sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x