Kompas TV nasional peristiwa

Dukung Olahraga Berkuda, Pemprov DKI Dorong Upaya Pengembangan

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 16:33 WIB
dukung-olahraga-berkuda-pemprov-dki-dorong-upaya-pengembangan
Wakil Gubernur DKI Jakarta (Wagub DKI) Ahmad Riza Patria di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu, 20 April 2022. (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh berbagai upaya dan program pengembangan olahraga berkuda di Jakarta. 

Hal ini ia sampaikan saat menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) DKI Jakarta dan Institut Pertanian Bogor (IPB) di Gedung Tribun Jakarta Internasional Equestrian Park Pulomas, Jakarta Timur, Minggu (15/5).

"Kami mendukung penuh program-program yang dilakukan Pordasi DKI Jakarta untuk terus menghidupkan dan meningkatkan prestasi olahraga berkuda di Jakarta, sekaligus memenuhi harapan masyarakat pecinta olahraga berkuda," kata Riza dalam keterangan resminya. 

Baca Juga: Airin Rachmi Diany Kantongi Dukungan PWNU DKI Jakarta Gantikan Anies Baswedan

MoU tersebut terkait dengan kerja sama penelitian kuda-kuda trah asli Indonesia untuk kegiatan olahraga dan perlombaan.

Harapannya, kata dia, kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk upaya pengembangan olahraga berkuda dan meningkatkan prestasi Jakarta di tingkat nasional dan internasional. 

"Untuk meningkatkan prestasi tersebut, tidak cukup hanya dengan pelatihan tetapi perlu menumbuhkembangkan ekosistemnya," ujar Riza.

Upaya untuk mengembangkan ekosistem olahraga berkuda antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi secara reguler, pengembangan sport science, membangun ekosistem yang berkelanjutan bagi pemilik kuda (stable), para peternak kuda (breeder). 

Lalu juga kompetisi perawat kuda (groom), penunggang kuda/jockey (riding boy/professional rider), memberi ruang kreativitas bagi pelatih, serta melibatkan penggemar dan pemerhati kuda untuk berkolaborasi. 

"Kolaborasi dengan IPB tentang Penelitian Gen Kuda Asli Indonesia merupakan salah satu langkah strategis untuk menghasilkan Kuda Pacuan Unggul yang lebih menjanjikan demi tercapainya prestasi bagi para atlet berkuda, baik di DKI Jakarta maupun nasional," tambah Wagub Ariza.

Baca Juga: Intip Keseruan Berkuda Gratis di Samarinda, Diperbolehkan Bagi Anak-Anak Hingga Orang Dewasa

Dia juga berharap agar para stakeholder olahraga berkuda dapat terus menjalin kolaborasi dalam menghadirkan inovasi yang bisa memfasilitasi para atlet agar dapat muncul sebagai atlet kelas dunia.

"Apalagi Kota Jakarta sudah memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional," kata dia. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x