Kompas TV regional berita daerah

Yang Tersisa dari Balkonjazz 2022: Ibu-Ibu Pasar Tiban Kebanjiran Order, Dipungkasi Kahitna

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 05:15 WIB
yang-tersisa-dari-balkonjazz-2022-ibu-ibu-pasar-tiban-kebanjiran-order-dipungkasi-kahitna
Penampilan apik Kahitna memungkasi gelaran Balkonjazz Festival 2022 yang berlangsung di Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu malam (14/5/2022). (Sumber: istimewa)
Penulis : Gading Persada

MAGELANG, KOMPAS.TV- Kehadiran Balkondes PGN Karangrejo Magelang menjadi pengungkit kemajuan ekonomi bagi desa lain sekitar. Terlebih dengan suksesnya gelaran Balkonjazz Festival 2022 yang berakhir Sabtu malam (14/5/2022).

Pasalnya kehadiran banyak tamu di Balkondes PGN Karangrejo dengan hadirnya Festival Balkonjazz 2022 maka pengunjung tidak hanya terpusat di Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah saja namun mereka juga mendatangi desa sekitar.

Hal ini diakui Kepala Desa Karangrejo M Hely Rofikun. Ia pun mengambil contoh dengan berkah adanya Balkonjazz Festival 2022 yang dirasakan warga sekitar, utamanya pemilik homestay, para pengemudi ojek serta pemilik lahan parkir. 

Pasalnya pada Balkonjazz ini, kendaraan diarahkan parkir di dua dusun yang berdekatan dengan Balkondes yakni Dusun Bumen Jelapan dan Kretek 1. 

"Karena parkir kendaraan di kawasan yang berjarak sekitar 200 hingga 500 meter dari acara maka bagi pengunjung yang ingin naik ojek kami siapkan 70 unit ojek dari warga Desa Karangrejo," jelas Hely.

Untuk tarif parkir, imbuhnya tarif semua diseragamkan Rp10.000 bagi kendaraan roda 4 dan Rp5.000 bagi roda 2. Sementara tarif ojek disamakan Rp10.000 dari shelter parkir menuju acara.

Tidak hanya ojek dan tempat parkir, Balkonjazz 2022 ini juga membuat homestay di Balkondes dan homestay yang dikelola warga sekitar penuh.

Baca Juga: PGN Genjot Eksplorasi Gas di Wilayah Jateng

"Homestay Balkondes sebanyak 20 kamar semua penuh dan ratusan homestay warga sekitar juga demikian. Bahkan kami tidak mematok rate khusus, sama seperti hari-hari biasa yakni Rp500 ribu/malam. Sementara homestay warga kisaran Rp200 ribu hingga Rp350 ribu/malam," jelas Heli.

Selain itu adapula pasar tiban selama penyelenggaraan Balkonjazz yakni Pasar Balkon yang memiliki 40 stand yang diisi oleh ibu-ibu Desa Karangrejo.

Salah seorang ibu-ibu yang berjualan makanan ringan di sekitar lokasi Balkonjazz Festival 2022. (Sumber: istimewa)

Dalam siaran pers, Sabtu (14/5), Pasar Balkon menyediakan aneka kuliner baik makanan berat ataupun makanan ringan, aneka minuman olahan dari warga sekitar dam sebagainya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x