Kompas TV regional sosial

Ini Kawasan yang Perlu Dihindari selama Gelaran May Day Fiesta 2022, Sekitar Gedung DPR hingga GBK

Sabtu, 14 Mei 2022 | 07:56 WIB
ini-kawasan-yang-perlu-dihindari-selama-gelaran-may-day-fiesta-2022-sekitar-gedung-dpr-hingga-gbk
Ilustrasi. Sejumlah massa buruh berunjuk rasa di depan Gedung DPR, menolak UU Cipta Kerja atau Omnibuslaw, Jumat, 14 Januari 2022. (Sumber: KOMPAS.com/REZA AGUSTIAN)

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional, aksi unjuk rasa bertajuk May Day Fiesta 2022 bakal berlangsung di Jakarta pada hari ini, Sabtu (14/5/2022).

Mengenai agenda tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo lantas mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghindari sejumlah kawasan.

Khususnya kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Gedung DPR, yang bakal menjadi titik utama dari kegiatan para buruh itu.

"Dari pagi, ada beberapa elemen yang melaksanakan unjuk rasa di depan (Gedung) DPR/MPR," kata Sambodo dikutip dari Kompas.com, Sabtu.

Baca Juga: TransJakarta Sesuaikan Sejumlah Rute Bus Imbas Aksi May Day, Berikut Daftarnya

Selanjutnya, agenda May Day Fiesta 2022 akan diteruskan oleh para demonstran dengan melakukan longmars ke GBK.

"(Demonstran di Gedung DPR) akan longmarch ke GBK (untuk) bergabung dengan massa buruh yang akan melaksanakan Hari Buruh, tapi dalam bentuk perayaan," jelas Sambodo.

Sambodo pun memprediksi, setidaknya bakal ada 800 sampai 1.000 bus pengangkut buruh yang datang untuk berpartisipasi dalam May Day Fiesta 2022 di GBK.

Maka dari itu, Sambodo mengingatkan masyarakat ibu kota untuk meminimalisasi aktivitas di sekitar kawasan Gedung DPR hingga GBK, sepanjang hari ini.

Baca Juga: Hari Ini 50 Ribu Orang akan Gelar Aksi di Jakarta, Mulai dari Buruh, Petani, hingga Ojek Online

Sebagaimana yang juga disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

"Mohon pengertian kepada seluruh masyarakat, manakala antara jam 09.00 WIB sampai 15.00 WIB, (lalu lintas) di sekitar GBK agak padat," ujar Zulpan.

"Dikhawatirkan, karena nanti banyaknya kegiatan di situ (GBK), jadi banyak kendaraan yang disiapkan oleh peserta. Maka masyarakat kami harapkan untuk menghindarinya," imbuhnya.

Adapun untuk mengawal dan mengamankan kegiatan tersbeut, Polda Metro Jaya berencana mengerahkan sedikitnya 5.260 personel.

Zulpan menjelaskan, ribuan personel itu akan bergabung dengan aparat keamanan yang lain seperti anggota TNI dan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Seluruh aparat keamanan tersebut, lanjut Zulpan, nantinya akan melakukan filterisasi terhadap elemen buruh yang hendak memasuki area GBK dan mengikuti kegiatan May Day Fiesta 2022.

"Untuk mengantisipasi adanya penyusupan dan sebagainya, tentunya kami akan memastikan (setiap peserta aksi)," pungkas Zulpan.


Sumber : Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x