Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ukraina akan Persenjatai Jutaan Pasukannya untuk Hadapi Fase Baru Perang Lawan Rusia

Sabtu, 14 Mei 2022 | 05:58 WIB
ukraina-akan-persenjatai-jutaan-pasukannya-untuk-hadapi-fase-baru-perang-lawan-rusia
Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov berjanji akan mempersenjatai jutaan pasukan Ukraina untuk bersiap menghadapi fase baru perang melawan Rusia. (Sumber: Maxim Guchek/BelTA Pool Photo via AP)

Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

KIEV, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov berjanji akan mempersenjatai jutaan pasukan Ukraina dengan senjata dan peralatan militer baru.

Pernyataan Reznikov itu muncul jelang persiapan Ukraina untuk menghadapi fase perang yang baru dan panjang melawan Rusia.

Ukraina memang telah mendapatkan sumbangan senjata dan peralatan militer dari Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat lainnya selama beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: Uni Eropa Bertekad Bantu Ekspor Gandum Ukraina yang Terhalang Blokade Rusia agar Dunia Tak Kelaparan

“Kedatangan senjata asing dan merangsang produsen Ukraina, akan membantu lebih lanjut menyeimbangkan perlawanan terhadap Rusia,” kata Reznikov dikutip dari BBC.

Reznikov mengungkapkan bahwa pasukan sukarelawan sangat membantu dalam menghadapi Rusia di awal perang.

Ia juga berterima kasih karena mobilitas yang dilakukan oleh mereka mampu dengan cepat menyelesaikan masalah yang mendesak.

“Untuk menang, Ukraina harus merencanakan sumber daya dengan hati-hati dan menghindari kesalahan,” tuturnya.

“Selain itu, juga berinvestasi di fasilitas produksi Ukraina untuk memastikan stabilitas dan frekuensi pengiriman,” tambahnya.

Baca Juga: Menlu Inggris Liz Truss Ejek Putin Mempermalukan Dirinya Sendiri di Pentas Dunia

Pada pernyataannya di Facebook, Reznikov mengatakan, Ukraina telah mengandalkan bantuan amal dari warga, sukarelawan dan organisasi sipil untuk sebagian besar peralatan militernya.

Ia mengatakan pada akhir April, Kementerian Pertahanan Ukraina mengandalkan donasi untuk 50 persen rompi anti-peluru yang digunakan dalam pertempuran.

Tetapi pada 13 Mei, ia mengungkapkan, Ukraina telah berhasil meningkatkan produksi untuk menyediakan 57 persen rompi anti-peluru.


Sumber : BBC

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x