Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Pasukan Ukraina Menyatakan Telah Merebut Kembali 4 Desa di Kharkiv dari Cengkeraman Tentara Rusia

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 08:48 WIB
pasukan-ukraina-menyatakan-telah-merebut-kembali-4-desa-di-kharkiv-dari-cengkeraman-tentara-rusia
Ilustrasi pasukan Ukraina di Kharkiv. Pasukan Ukraina mengonfirmasi telah merebut empat desa di Kharkiv dari cengkeraman tentara Rusia. (Sumber: AP Photo/Andrew Marienko, File)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

KHARKIV, KOMPAS.TV - Pasukan Ukraina menyatakan telah merebut kembali empat desa di Kharkiv dari cengkeraman tentara Rusia.

Hal itu diungkapkan oleh Petugas Pers dari Brigade Mekanik Terpisah ke-92, Tetiana Apatchenko, Selasa (10/5/2022).

Brigade Mekanik Terpisah ke-92, merupakan pasukan utama Ukraina di wilayah tersebut.

Dikutip dari Global News, Apatchenko mengonfirmasikan pasukan Ukraina telah merebut kembali desa Cherkaski Tyshkt, Ruski Tyshki, Borshchova dan Slobozhanske.

Baca Juga: Intelijen Rusia Samakan Tindakan Kemlu AS dengan Badan Propaganda Nazi, Ini Alasannya

Penasihat Kementerian Pertahanan Ukraina, Yuriy Saks mengungkapkan hal itu sebagai kesuksesan mendorong pasukan Rusia keluar dari jangkauan Kharkiv.

Sejak penyerangan Rusia dimulai, kota terbesar kedua Ukraina di sebelah timur laut tersebut terus menjadi sasaran bombardir.

“Operasi militer angkatan bersenjata Ukraina di sekitar Kharkiv, terutama di utara dan timur Kharkiv, merupakan semacam kisah sukses,” ujar Saks.

“Tentara Ukraina mampu mendorong para penjahat perang hingga batas yang melebihi artileri mereka,” tambahnya.

Serangan balik yang terjadi di Kharkiv tersebut pun menjadi sinyal dari sebuah fase baru dari penyerangan Rusia ke Ukraina.

Baca Juga: Pentagon Ungkap Putin Tak Mau Perang dengan NATO: Ia Tahu akan Kalah

Ukraina saat ini sudah mulai bangkit menyerang, setelah berpekan-pekan Rusia melancarkan serangan besar-besaran, tanpa membuat terobosan.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky pun menegaskan bahwa keberhasilan di Kharkiv adalah berita baik, dan memuji pasukan Ukraina memiliki kekuatan melebihi manusia.

Sedangkan staf Jenderal Ukraina pada Rabu (11/5/2022), mengatakan bahwa tentara Rusia terus memfokuskan upaya mereka untuk mencegah kemajuan lebih lanjut pasukan Ukraina dari Kharkiv ke perbatasan Rusia.



Sumber : Global News/Reuters


BERITA LAINNYA



Close Ads x