Kompas TV nasional politik

Megawati Terima Gelar Profesor Kehormatan dari SIA Korea Selatan

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 11:06 WIB
megawati-terima-gelar-profesor-kehormatan-dari-sia-korea-selatan
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri saat menerima gelar Profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan pada Rabu (11/5/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

SEOUL, KOMPAS TV - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menerima gelar Profesor kehormatan dari lembaga pendidikan seni Korea Selatan, Seoul Institute of The Arts (SIA) pada Rabu (11/5/2022). 

Gelar itu dianugerahkan kepada Presiden RI ke-5 itu karena dianggap sebagai sosok yang berjuang dalam perjuangan perdamaian di Semenanjung Korea dan perhatiannya terhadap demokrasi, lingkungan dan kebudayaan.

Baca Juga: Presiden Korsel Sebut Nama Megawati Saat Pidato Pelantikannya

Dalam acara itu Megawati didampingi oleh oleh Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey dan Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri. Selain itu, tampak Dubes RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto.

Sebelumnya, Megawati resmi dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Universitas Pertahanan (Unhan) RI. 

Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Senat Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian di Kampus Unhan, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). 

Penetapan Profesor Kehormatan terhadap Megawati tersebut tertuang dalam surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nomor 33271/MPK.A/KP.05.00/2021. 

“Terhitung mulai tanggal 1 Juni 2021 diangkat dalam jabatan Profesor dalam Ilmu Kepemimpinan Strategik ditetapkan di Jakarta pada tanggal 20 Mei 2021,” kata Sekretaris Senat Universitas Pertahanan RI saat membacakan surat keputusan tersebut, Jumat. 

Baca Juga: Megawati Diminta Jadi Utusan Khusus untuk Perdamaian Dua Korea

Sejumlah pejabat hadir dalam acara pengukuhan tersebut, antara lain Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Ada pula Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x