Kompas TV nasional politik

Presiden Korsel Sebut Nama Megawati Saat Pidato Pelantikannya

Selasa, 10 Mei 2022 | 12:20 WIB
presiden-korsel-sebut-nama-megawati-saat-pidato-pelantikannya

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

 

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri menghadiri dan menyaksikan langsung prosesi pelantikan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol, pada Selasa (10/5/2022) (Sumber: Dokumen DPP PDIP. )

Seoul, KOMPAS TV - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menghadiri dan menyaksikan langsung prosesi pelantikan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol, pada Selasa (10/5/2022) waktu setempat.

Pelantikan Presiden Yoon sendiri dilakukan di plaza depan Gedung Parlemen Korsel di Kota Seoul. 

Megawati hadir ke lokasi itu dari tempat penginapan di Lotte Hotel Seoul, dengan iring-iringan protokol tamu negara. 

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) itu tampak didampingi oleh Bendahara DPP PDIP Olly Dondokambey bersama istri Rita Dondokambey. 

Lalu ada juga Duta Besar RI untuk Korsel Gandi Sulistyanto. Megawati memakai baju kebaya berwarna merah. 

Baca Juga: Jokowi Halal Bihalal ke Rumah Megawati Hingga Menhan Prabowo Kunjungi Kediaman Sultan Yogyakarta

Megawati duduk di deretan kursi bagian depan. Di dalam barisan itu turut duduk Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan, Presiden Singapura Halimah Yacob, Presiden Afrika Tengah Faustin-Archange Touadéra, Mantan PM Jepang Yukio Hatoyama, serta Douglas Emhoff, suami Kamala Harris yang merupakan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS).

Touadéra berada di sebelah kanan Megawati, sementara Emhoff di sisi kirinya. Deretan kursi Megawati dan yang lainnya itu diapit atau berada diantara kursi yang diduduki oleh Presiden Yoon dan istri, serta kursi yang ditempati mantan Presiden Moon Jae In dan istri. 

Saat memasuki lokasi pelantikan, Megawati melambaikan tangan ke arah sekitar 40 ribu warga dan pejabat Korsel yang mengikuti langsung prosesi pelantikan, yang hadir di halaman Gedung Parlemen tersebut. 

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x