Kompas TV nasional berita utama

Jokowi ke AS, Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS hingga Bertemu Joe Biden dan Para-CEO Besar Amerika

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 08:36 WIB
jokowi-ke-as-hadiri-ktt-khusus-asean-as-hingga-bertemu-joe-biden-dan-para-ceo-besar-amerika
Presiden Jokowi memberi keterangan soal kunjungannya ke Amerika Serikat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5/2022) (Sumber: Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat. Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi akan menghadiri KTT Khusus ASEAN-Amerika Serikat yang dilakukan pada 12-13 Mei 2022.

"Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022," ujar Presiden dalam keterangannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5/2022)

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi pun mengungkapkan sejumlah rangkaian pertemuan yang akan dihadirinya dalam kunjungan kerja ke AS, antara lain bertemu dengan anggota Kongres, bertemu dengan para-CEOs besar Amerika, bertemu dengan Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika, dan melakukan pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Joe Biden.

Presiden Jokowi menuturkan Indonesia sebagai memegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024 berharap KTT Khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Baca Juga: 6 Arahan Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Hari Ini, Masih soal Pemilu 2024 hingga Ekonomi Global

Tak hanya itu, Presiden Jokowi mengaku juga akan menegaskan bahwa dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

"Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera," ujarnya.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam penerbangan menuju Washington DC antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Baca Juga: Ingat! Jokowi Tegaskan PPKM Belum Berakhir hingga Covid-19 Terkendali 100 Persen

Adapun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di AS untuk menyiapkan kunjungan kerja Presiden.

Selain itu turut pula Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andi Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x