Kompas TV regional kesehatan

Bocah yang Meninggal Diduga Hepatitis Akut di Tulungagung Ada Riwayat Perjalanan ke Luar Kota

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 17:55 WIB
bocah-yang-meninggal-diduga-hepatitis-akut-di-tulungagung-ada-riwayat-perjalanan-ke-luar-kota
Ilustrasi seorang anak menderita penyakit hepatitis. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

TULUNGAGUNG, KOMPAS.TV – Bocah berusia tujuh tahun yang meninggal dunia diduga terserang hepatitis akut di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, memiliki riwayat perjalanan ke luar kota saat Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung dr. Kasil Rokhmat menjelaskan, riwayat perjalanan tersebut diketahui setelah pihaknya melakukan pelacakan atau tracing.

Tim dari Dinas Kesehatan melakukan tracing yang menyasar tetangga sekitar, keluarga, serta kontak erat korban setelah mengetahui gejala yang dimiliki korban.

Menurutnya, berdasarkan hasil tracing, ditemukan bahwa pada adik korban ditemukan tanda sakit demam. Namun, setelah dilakukan perawatan dan pemeriksaan, hasilnya negatif.

Dari hasil penelusuran tersebut, juga diketahui bahwa korban sempat melakukan perjalanan ke luar kota.

Baca Juga: Anak Usia 7 Tahun di Tulungagung Meninggal Diduga Idap Hepatitis Akut

Pada hari pertama hari raya Idulfitri yakni pada Senin (2/5/2022) pekan lalu, korban diketahui merayakan Lebaran bersama keluarganya.

Selanjutnya, korban mengalami mual, muntah, sakit perut, dan demam. Mengetahui anaknya sakit, orang tua memberinya obat penurun panas.

“Pasien sakit selama lima hari, pas Lebaran pertama korban mengalami sakit dan dikasih parasetamol,” ujar dr Kasil Rokhmat di sela kegiatan halalbihalal di Puskesmas Sumbergempol, Tulungagung, Senin (9/5/2022).

Saat itu korban sempat merasa bahwa kondisinya membaik, kemudian diajak berlebaran ke luar kota. Tetapi, korban kembali sakit setibanya di rumah.

Kemudian korban dibawa berobat ke spesialis dokter anak di Tulungagung, dan muntahnya berkurang, tetapi korban mengalami gelisah.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x