Kompas TV nasional peristiwa

Perpanjangan Libur Sekolah, Diprediksi Bakal Ada Arus Balik Kedua

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 05:25 WIB
perpanjangan-libur-sekolah-diprediksi-bakal-ada-arus-balik-kedua
Situasi arus balik Lebaran 2022 di gerbang Tol Cikarang Utama, Karawang, Jawa Barat, Sabtu malam (7/5/2022) atau H+5 Lebaran. (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Adanya perpanjangan libur sekolah hingga 12 Mei 2022 mendatang, diprediksi akan membuat arus balik kedua atau susulan dari para pemudik.

Kemungkinan ini dikatakan Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo.

"Arus balik susulan memungkinkan. Namun, kita semua akan melihat apa perintah dan kebijakan pimpinan. Yang jelas kami siap melaksanakan kebijakan pemerintah," kata Kusworo saat ditemui di Pos Pelayanan Cikaledong, Minggu (8/5/2022), dikutip dari Kompas.com.

Meski pada Minggu malam telah dianggap sebagai puncak arus balik mudik, namun sejauh ini Polresta Bandung belum menerima arahan lanjutan untuk menuntaskan pelayanan mudik Lebaran 2022.

"Hari ini (Minggu 8 Mei 2022) memang puncak arus balik. Namun, kami masih menunggu arahan pimpinan," kata Kusworo.

Baca Juga: Arus Balik Tol Kalikangkung Minggu Malam: Arus Lalu Lintas Lancar, One Way Masih Diberlakukan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pada Kamis (5/5/2022) lalu, mengeluarkan kebijakan untuk memperpanjang masa libur Lebaran bagi para pelajar di wilayah Jabodetabek.

Perpanjangan libur sekolah ini sebagai upaya bersama pemerintah untuk mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022. Terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud Ristek, Anang Ristanto menjelaskan koordinasi bersama ini ditindaklanjuti dengan memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022.

Kemendikbud Ristek telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemprov DKI, Jabar dan Banten terkait jadwal masuk sekolah yang dimundurkan hingga 12 Mei 2022.

Baca Juga: Cegah Kemacetan di Arus Balik, Kemendikbud Ristek Perpanjang Libur Sekolah sampai 12 Mei 2022

Menurut Anang, pemerintah provinsi terkait juga telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupeten/kota di wilayah masing-masing.

Sebelumnya jadwal masuk sekolah ditetapkan pada 9 Mei 2022. Dengan kebijakan ini maka jadwal masuk sekolah mundur hingga Kamis (12/5/2022).

"Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," ujar Anang, Kamis (5/5/2022). Dikutip dari Kompas.com.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x