Kompas TV regional peristiwa

Arus Balik Tol Kalikangkung Minggu Malam: Arus Lalu Lintas Lancar, One Way Masih Diberlakukan

Kompas.tv - 8 Mei 2022, 22:01 WIB
arus-balik-tol-kalikangkung-minggu-malam-arus-lalu-lintas-lancar-one-way-masih-diberlakukan
Situasi arus balik Lebaran di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang menuju Jakarta terpantau lancar pada Minggu (8/5/2022) pukul 21.00 WIB. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Situasi arus balik Lebaran di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang menuju Jakarta terpantau lancar pada Minggu (8/5/2022) pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan Reporter Kompas TV Febriana Mila yang berada di lokasi mengatakan, berbeda dengan hari-hari sebelumnya, pada malam ini situasi di Gerbang Tol Kalikangkung cukup lengang.

"Arus lalu lintas pada puncak balik Lebaran 2022, tepatnya di Gerbang Tol Kalikangkung pada malam hari ini cukup lengang," kata Febriana dalam program Breaking News, Komapas TV, Minggu.

"Ini berbeda dengan hari-hari sebelumnya, di mana pada kemarin terjadi kenaikan volume kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Kalikangkung dari arah Semarang atau Surabaya menuju Jakarta," jelasnya. 

Lebih lanjut dia menuturkan, lengangnya kondisi arus lalu lintas di tol maupun di jalan arteri ini, dimungkinkan karena pemudik yang akan pulang ke daerah asal rantau mendengarkan imbauan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menunda perjalanan balik pada hari ini.

Pasalnya, menurut Budi, tanggal 8 Mei merupakan puncak dari puncak arus balik Lebaran 2022. 

Di sisi lain, Febriana melaporkan, meski situasi lalu lintas lengang, namun sistem one way masih diterapkan di Gerbang Tol Kalikangkung. 

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, 1 Juta Kendaraan Sudah Kembali ke Jabotabek

"Untuk skema one way yang diterapkan di Gerbang Tol Kalikangkung ini dimulai dari Km 428 ABC sampai Km 66 tol Jakarta-Cikampek," ujarnya.

Dia menambahkan, jika sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan bersama, maka penerapan rekayasa lalu lintas tersebut akan berlangsung hingga dini hari nanti atau tepatnya Senin (9/5) pukul 03.00 WIB.

Kendati demikian, pemberlakuan one way akan dilakukan secara situasional sesuai dengan kondisi kepadatan lalu lintas atas diskresi dari pihak Kepolisian.

"Penerapan one way ini rencananya akan diberhentikan pada pukul 03.00 WIB, namun tentunya untuk dinamikanya apakah akan diperpanjang atau dihentikan menyesuaikan situasi atau ruas jalan di tol," ucap dia. 

Selain itu, Febriana mengatakan, pengelola Gerbang Tol Kalikangkung juga telah membuka 7 gardu reguler untuk ke arah Jakarta, ditambah dengan 4 gardu miring, serta 14 mobile reader.

"Sehingga untuk kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Kalikangkung tidak mengalami penumpukan pada saat di gate transaksi," pungkasnya.

Baca Juga: Menhub Kembali Imbau Pemudik Tunda Balik: Hari Ini Puncak dari Puncak Arus Balik Lebaran

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x