Kompas TV internasional kompas dunia

Hasil Mengejutkan Pemilu Lokal Irlandia Utara, Partai Sinn Fein Merebut Kursi Terbanyak

Kompas.tv - 8 Mei 2022, 05:29 WIB
hasil-mengejutkan-pemilu-lokal-irlandia-utara-partai-sinn-fein-merebut-kursi-terbanyak
Partai nasionalis Irlandia, Sinn Fein, penyokong pemisahan dari Inggris dan penyatuan dengan Irlandia, Sabtu (7/5/2022), menang dalam pemilu lokal Irlandia Utara dan meraih kursi terbanyak parlemen lokal. (Sumber: Economist)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

BELFAST, KOMPAS.TV — Partai nasionalis Irlandia, Sinn Fein, yang mengupayakan pemisahan dari Inggris dan penyatuan dengan Irlandia, Sabtu (7/5/2022), membangkitkan “era baru” untuk Irlandia Utara dengan merebut kursi terbanyak di Majelis Irlandia Utara untuk pertama kalinya dalam kemenangan bersejarah.

Seperti laporan Associated Press, Sabtu, dengan penghitungan suara hampir selesai dalam pemilihan lokal Inggris yang digelar Kamis (5/5/2022), Sinn Fein mengamankan 27 dari 90 kursi Majelis.

Partai Unionis Demokrat, yang mendominasi legislatif Irlandia Utara selama dua dekade, merebut 24 kursi.

Kemenangan itu berarti Sinn Fein berhak atas jabatan menteri pertama di Belfast, yang pertama untuk partai nasionalis Irlandia sejak Irlandia Utara didirikan sebagai negara bagian yang berkomposisi mayoritas Protestan pada tahun 1921.

Partai Aliansi tengah, yang tidak mengidentifikasi diri mereka sebagai nasionalis maupun pendukung penyatuan dengan Inggris, juga mendapat dukungan dalam jumlah besar dan ditetapkan menjadi pemenang kedua dalam pemungutan suara, mengeklaim 17 kursi.

Kemenangan tersebut merupakan tonggak utama bagi Sinn Fein, yang lama dikaitkan dengan Tentara Republik Irlandia.

Tentara Republik Irlandia adalah sebuah kelompok paramiliter yang menggunakan bom dan peluru untuk mencoba membawa Irlandia Utara keluar dari kekuasaan Inggris.

Selama beberapa dekade kekerasan, militan Republik Irlandia bertempur melawan paramiliter Protestan Unionist Inggris dan tentara serta polisi Inggris.

"Hari ini mengantar era baru," kata wakil presiden Sinn Fein, Michelle O'Neill, sesaat sebelum hasil akhir diumumkan.

“Terlepas dari latar belakang agama, politik atau sosial, komitmen saya adalah membuat politik bekerja,” tutur O'Neill.

Baca Juga: Kisah Bangsawan Muda Irlandia Fan Death Metal yang Liarkan Kembali Tanah Leluhur Secara Alami

Michelle O'Neill dari Sinn Fein berbicara setelah memuncaki pemilu lokal Irlandia Utara di pusat penghitungan pemilihan Bank Medow di Magherafelt, Irlandia Utara pada Sabtu, 7 Mei 2022. (Sumber: AP Photo/Peter Morrison)

O'Neill menekankan pentingnya bagi para politisi Irlandia Utara yang terpecah untuk berkumpul minggu depan, membentuk sebuah Eksekutif sebuah pemerintah Irlandia Utara yang didevolusikan.

Jika tidak ada yang dapat dibentuk dalam waktu enam bulan, pemerintahan akan runtuh, memicu pemilihan baru dan lebih banyak ketidakpastian.

Ada "ruang di negara bagian ini untuk semua orang, kita semua bersama-sama," kata O'Neill.

“Ada urgensi untuk memulihkan (lembaga) Eksekutif dan mulai memasukkan uang kembali ke kantong masyarakat, untuk mulai memperbaiki layanan kesehatan. Rakyat tidak bisa menunggu."

Sementara kemenangan Sinn Fein menandakan pergeseran bersejarah yang menunjukkan berkurangnya dukungan untuk partai-partai unionist Inggris, masih jauh dari jelas apa yang terjadi selanjutnya.

Pasalnya, politik pembagian kekuasaan yang rumit di Irlandia Utara dan pergumulan yang sedang berlangsung mengenai pengaturan pasca-Brexit.

Di bawah sistem pembagian kekuasaan wajib yang dibuat oleh perjanjian damai 1998 yang mengakhiri konflik Katolik-Protestan selama beberapa dekade, pekerjaan menteri pertama dan wakil menteri pertama dibagi antara partai serikat pekerja terbesar dan partai nasionalis terbesar.

Kedua jabatan tersebut harus diisi agar pemerintahan dapat berfungsi. Tetapi Partai Persatuan Demokratik (DUP) mendorong agar pemerintahan tidak berfungsi di bawah menteri pertama Sinn Fein.

Baca Juga: Saingi Inggris dan Irlandia, Rusia Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Euro 2028

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Partai nasionalis Irlandia, Sinn Fein, penyokong pemisahan dari Inggris dan penyatuan dengan Irlandia, Sabtu (7/5/2022), menang dalam pemilu lokal Irlandia Utara dan meraih kursi terbanyak parlemen lokal. (Sumber: AP Photo/Matt Dunham)



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x