Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Bangsawan Muda Irlandia Fan Death Metal yang Liarkan Kembali Tanah Leluhur Secara Alami

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:26 WIB
kisah-bangsawan-muda-irlandia-fan-death-metal-yang-liarkan-kembali-tanah-leluhur-secara-alami
Randall Plunkett, Baron ke-21 Kastil Dunsany di Irlandia yang meliarkan kembali setengah dari lahan yang dia warisi. Hasilnya, kehidupan liar kembali hadir, termasuk satwa yang seabad lalu dianggap telah hilang dari Irlandia (Sumber: France24 via AFP)

NAVAN IRLANDIA, KOMPAS.TV - Randal Plunkett, Baron ke-21 wilayah Dunsany, keluar dari kastilnya di Irlandia mengenakan kaus hitam bertuliskan nama band death metal "Cannibal Corpse" dengan huruf alfabet berdarah. Gelar resminya: Randall Plunkett, Lord Dunsany, 21th Baron of Dunsany Castle.

Di kejauhan, seekor rusa jantan berwarna merah muda muncul sejenak, sebelum larut ke dalam 300 hektare tanah leluhurnya. Plunkett menyerahkan pengelolaan 300 hektare tanah itu ke alam liar, atau hampir setengah dari seluruh luas tanah yang dia warisi.

"Saya merasakan semacam kewajiban terhadap lingkungan di sini," kata Plunkett, nangkring di batang pohon yang membusuk, di mana seikat jamur tumbuh di atasnya.

"Saya adalah penjaga tanah untuk generasi ini, dan tanah kami itu bukan hanya berisi kastil, namun juga hamparan luas yang juga berarti lingkungan," kata bangsawan itu kepada AFP seperti dilansir France24. Saat bertutur, surainya dengan rambut sebahu beriak lincah tertiup angin seperti baru saja kering usai keramas.

Delapan tahun lalu, Plunkett, yang keluarganya menjadi pemilik Kastil Dunsany di barat laut Dublin selama sembilan abad, memulai proyek peliaran kembali tanah leluhurnya secara "radikal".

Baca Juga: Anies Baswedan Ditantang Dedi Mulyadi Reboisasi, Diminta Siapkan Dana Rp 1 Triliun

Gerbang depan Kastil Dunsany di Irlandia barat laut, yang setengah luas lahannya diputuskan pewarisnya untuk kembali diliarkan, menyerahkan sepenuhnya kepada alam untuk tumbuh dan menyeimbangkan. (Sumber: Dunsany Castle/Facebook)

Plunkett mengusir hewan ternak dari tanahnya dan mempensiunkan seluruh pemotong rumput untuk membiarkan alam mengambil jalannya sendiri, di atas tanah leluhurnya.

Dengan potongannya yang sekarang, sosok anak muda bangsawan tuan tanah berambut gondrong berusia 38 tahun penganut aliran musik death metal, akan sangat mengejutkan bila lukisan dirinya disandingkan dengan lukisan-lukisan leluhurnya, termasuk lukisan bapaknya, di dalam Kastil Dunsany. 

Sekarang, hasil dari keputusannya meliarkan kembali sebagian tanah leluhur sudah terlihat jelas. Pinus martin yang sangat langka telah ditemukan. Berang-berang dan rusa merah beranak pinak di tanahnya.

Langit penuh dengan burung hilir mudik dan berkicau, di antaranya burung elang, layang-layang merah, elang peregrine, elang pipit, alap-alap, dan snipes.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV/France24/Castle Duscany


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19