Kompas TV nasional peristiwa

Banyak Barang Penumpang Tertinggal di Kereta Api, Begini Cara Ambilnya

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 18:25 WIB
banyak-barang-penumpang-tertinggal-di-kereta-api-begini-cara-ambilnya
Situasi ruang tunggu Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2022). (Sumber: Baitur Rohman/Kompas.tv)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Banyak barang bawaan penumpang yang tertinggal di stasiun maupun kereta api pada masa angkutan Lebaran 2022. Barang-barang penumpang yang tertinggal itu pun diamankan petugas stasiun.

Menurut Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, barang penumpang yang tertinggal beragam, mulai dari tas, ponsel, dompet, sampai laptop.

"Macem-macem (barang yang tertinggal), ada laptop, ada tas goodie bag. Ada lagi handphone, dompet juga ada, karena mereka kan menaruh biasanya di bangku," kata Eva kepada wartawan, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (6/5/2022).

“Penumpang kebiasaan menaruh barang di bangku,” imbuhnya.

Baca Juga: Jumlah Penumpang Kereta Api Menuju Jakarta Tinggi hingga 10 Mei

Ia menyebutkan, sebanyak 18 barang ditemukan di stasiun dan 80 barang ditemukan di dalam kereta api. Sebanyak 33 barang sudah diambil pemiliknya.

Eva menjelaskan, para pemilik dapat mencari informasi tentang keberadaan barang mereka yang tertinggal dengan mengontak PT KAI.

"Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain kondektur yang sedang berdinas di atas kereta api, ataupun petugas pengamanan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121," ujarnya dalam keterangan tertulis akhir April lalu. 

Eva mengungkapkan, saat pengambilan barang, ada proses verifikasi. Seperti, pemilik harus menyebutkan ciri-ciri barang yang hilang serta menunjukkan kartu identitas.

Seperti yang diketahui, perjalanan mudik Lebaran 2022 diizinkan pemerintah setelah kasus Covid-19 melandai. Diperkirakan ada 85 juta masyarakat yang mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idulfitri 1443 H.

Baca Juga: Jumlah Penumpang Kereta Api Meningkat Jelang Lebaran

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x