Kompas TV video vod

Kabar Gembira! Pemerintah Perpanjang Libur Sekolah di Jakarta, Banten, dan Jabar, Sampai Kapan Ya??

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 13:40 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Ada kabar gembira di penghujung cuti bersama lebaran tahun ini untuk anak-anak yang bersekolah di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Awalnya mayoritas para siswa harus masuk sekolah pada 9 Mei, namun anak-anak sekolah di 3 provinsi ini bisa menikmati liburan lebih lama.

Pasalnya, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang waktu liburan siswa sekolah di ketiga provinsi demi mengurai kepadatan arus balik yang diprediksi bakal terjadi mulai hari Jumat (6/5/2022) ini.

Keputusan ini pun langsung disosialisasikan Dinas Pendidikan ketiga provinsi terkait ke sekolah-sekolah.

Di DKI Jakarta, aktivitas belajar mengajar memang baru akan dimulai paling cepat sepekan setelah lebaran pada Kamis, 12 Mei mendatang.

Baca Juga: Pantauan Arus Balik Tol Kalikangkung: Arus Lalu Lintas Ramai Lancar, Sistem One Way Diberlakukan

Selain untuk mengurai kepadatan arus balik, masa liburan yang panjang juga berguna agar para siswa dan keluarga yang baru kembali dari libur dan mudik lebaran, bisa melakukan karantina mandiri sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 sebelum kembali beraktivitas di sekolah.

Tak ingin horor kemacetan saat arus mudik terulang saat arus balik, pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal, menghindari puncak kepadatan yang diperkirakan bakal terjadi mulai hari Jumat, Sabtu, hingga Minggu pekan ini.

Tahun ini, PT Jasa Marga juga mencatat rekor tertinggi angka pemudik lewat tol sejak sebelum pandemi dengan 1,7 juta kendaraan meninggalkan Jabodetabek.

Oleh karena itu, dengan perpanjangan libur sekolah, para pemudik pun bisa lebih leluasa mengatur jadwal keberangkatan dari kampung halaman agar tidak terjebak macet.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x