Kompas TV nasional update

Aturan Baru di Rest Area Saat Arus Balik: Pembelian BBM Dibatasi hingga Alih Fungsi Toilet Pria

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 09:54 WIB
aturan-baru-di-rest-area-saat-arus-balik-pembelian-bbm-dibatasi-hingga-alih-fungsi-toilet-pria
Rest Area di Jalan Tol (Sumber: Dok. Jasa Marga )
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV — Sejumlah aturan baru diterapkan di rest area sepanjang jalan tol arah Jakarta selama periode arus balik Lebaran 2022.

Menurut General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT JMRB Meta Herlina Puspitaningtyas, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi antrean kendaraan yang berdampak pada kepadatan di rest area.

Aturan baru di rest area selama arus balik Lebaran meliputi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dibatasi, sistem buka tutup, hingga alih fungsi toilet pria untuk dijadikan toilet wanita.

Terkait pembelian BBM yang dibatasi, pihaknya memastikan telah bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero). Ia melanjutkan, pihaknya dan Pertamina telah sepakat akan membatasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) di rest area di ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group.

"Kami akan membatasi pembelian BBM bagi setiap kendaraan apabila terjadi antrean panjang, untuk mengantisipasi kepadatan di SPBU," kata Meta melalui keterangan tertulis dikutip Jumat (6/5/2022).

Ia menjelaskan, jika kemudian upaya tersebut tidak dapat mengurai kepadatan di rest area, maka pengemudi diminta untuk mengisi BBM di rest area lain atau mencari SPBU lain di luar jalan tol.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran 2022, Rest Area Akan Diberlakukan Sistem Buka-Tutup

"Petugas rest area akan mengarahkan pengguna jalan untuk melakukan pengisian BBM di rest area selanjutnya atau alternatif lain yaitu di jalan arteri," ucapnya.

Seperti diberitakan Kompas.com, selain pengisian BBM yang dibatasi, Jasa Marga juga menyebut pihaknya telah bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa buka-tutup rest area.

Buka-tutup rest area dilakukan guna mendukung efektivitas penerapan one way atau sistem satu arah jalan tol yang diterapkan kepolisian.

Selain itu, selama arus balik Lebaran 2022, JMRB juga akan mengubah fungsi toilet pria ke wanita jika terjadi penumpukan di toilet wanita.

"Beberapa toilet pria akan dialihfungsikan menjadi toilet wanita secara situasional untuk meminimalisir antrean di toilet," kata dia.

Selama arus balik mudik Lebaran 2022, JMRB akan menambah petugas rest area untuk membantu menunjukkan arah kepada pengunjung dan menempatkan petunjuk arah yang jelas di titik-titik strategis.

Penambahan petugas juga berfungsi untuk memastikan ketersediaan parkir dan menertibkan kendaraan di area parkir.

"Hasil evaluasi kami pada arus mudik kemarin, masih banyak pengunjung yang kebingungan ketika mencari fasilitas rest area, salah satunya adalah toilet," ujarnya.

Baca Juga: Catat! BPJT Imbau Penggunaan Toilet di Rest Area Maksimal 10 Menit



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x