Kompas TV nasional berita utama

Demi Kenyamanan Bersama, Kakorlantas Imbau Masyarakat Hindari Puncak Arus Balik 6-8 Mei

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 21:45 WIB
demi-kenyamanan-bersama-kakorlantas-imbau-masyarakat-hindari-puncak-arus-balik-6-8-mei
Foto ilustrasi kemacetan saat arus balik Lebaran 2022. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau warga untuk menghindari puncak arus balik saat kembali dari mudik di kampung halaman.

Korlantas memprediksi, puncak arus balik Lebaran tahun 2022 akan terjadi pada tiga hari yakni tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi memperkirakan, volume kendaraan yang akan melintas saat arus balik mudik itu akan sangat tinggi.

"Tanggal 6, 7, dan 8 Mei itu juga nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi," kata Irjen Firman dikutip dari Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

Firman pun meminta warga yang saat ini sedang mudik untuk menghindari tanggal tersebut saat kembali ke kota tempat mereka bekerja.

Firman berharap warga bisa kembali ke kota perantauan sebelum atau sesudah puncak arus balik tersebut.

Hal ini diimbau demi kenyamanan bersama saat masyarakat berada di jalan dan bisa terhindar dari kemacetan yang parah.

Baca Juga: Hindari Kemacetan saat Puncak Arus Balik, Ini Imbauan dari Presiden Jokowi

"Masyarakat bisa mempertimbangkan setelah melakukan silaturahim dengan keluarga, dimanfaatkan waktu untuk pulang lebih awal," tutur Firman.

"Kalau memang waktu cutinya cukup, bisa pulang setelah tanggal 9 Mei. Sekali lagi untuk kenyamanan kita semua," imbuhnya.

Tak lupa, Irjen Firman juga mengingatkan masyarakat untuk tetap patuh dengan kebijakan rekayasa lalu lintas yang diterapkan saat arus balik nanti.

"Percayalah, apa yang kami kerjakan ini untuk membantu semua pihak," ucapnya.

Imbauan dari Kakorlantas ini juga sejalan dari pernyataan yang dilontarkan Presiden Joko Widodo terkait arus balik.

Jokowi juga meminta masyarakat untuk menghindari tanggal puncak arus balik saat kembali ke kota tempat mereka bekerja atau tinggal.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak, bapak, ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali di awal atau kembali setelah puncak arus mudik," kata Jokowi dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5). 

Baca Juga: Tol Cipali KM 78 Padat, Polisi Berlakukan Contraflow




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x