Kompas TV regional wisata

Wisatawan Padat saat Libur Lebaran 2022, Pengurus Cidomo Gili Trawangan: Kami Belajar dari MotoGP

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 19:54 WIB
wisatawan-padat-saat-libur-lebaran-2022-pengurus-cidomo-gili-trawangan-kami-belajar-dari-motogp
Sebuah cidomo tampak melintas di ruas jalan pinggir pantai di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa (3/5/2022). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Membeludaknya kunjungan wisatawan di Gili Trawangan saat libur Lebaran 2022, membuat para kusir cidomo harus bekerja ekstra keras mengangkut penumpang.

Pada hari pertama dan kedua Lebaran pada Senin (2/5/2022) dan Selasa (3/5), antrean penumpang yang menanti diangkut cidomo ke hotel sempat terlihat di dekat area pelabuhan Gili Trawangan yang terletak di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat itu.

Sekadar informasi, cidomo merupakan alat transportasi penumpang serupa delman atau andong yang ditarik oleh kuda, yang beroperasi di Gili Trawangan.

Gugusan tiga gili di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ini, termasuk juga Gili Meno dan Gili Air, memang melarang operasionalisasi kendaraan bermotor, kecuali untuk mengangkut sampah.

Baca Juga: Dipadati Ribuan Wisman saat Libur Lebaran 2022, Gili Trawangan Menggeliat Jadi Kampung Bule Lagi

Namun, membeludaknya kunjungan wisatawan setelah dua tahun sepi dilanda pandemi, ternyata tak membuat para kusir dan pengurus cidomo kelabakan.

Hal ini diungkap oleh H Gufran, Ketua Koperasi Janur Indah yang menaungi para kusir cidomo, Selasa (3/5).

“Hanya beberapa menit saja antreannya. Itu karena pas check-in dan check-out, (waktunya) tabrakan,” terang Gufran merujuk jam tamu masuk dan keluar hotel yang berdekatan. 

Untuk mengantisipasi membeludaknya wisatawan, pihaknya telah menyiapkan cidomo cadangan yang jumlahnya mencapai 15 buah. Jumlah total cidomo inti di Gili Trawangan sendiri hanya 32 buah, yang terbagi dalam beberapa sif.

“Kalau sekiranya pengunjung membeludak, kami ada rekomendasi dari pemerintah setempat, ada cadangan cidomo yang dikelola oleh koperasi. (Jumlahnya) ada 15 biji lagi,” papar Gufran saat dihubungi KOMPAS.TV, Selasa (3/5).

Baca Juga: Presiden Jokowi Pastikan Manajemen Lalu Lintas Sudah Disiapkan Antisipasi Kemacetan Arus Balik



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x