Kompas TV regional berita daerah

Dipadati Ribuan Wisman saat Libur Lebaran 2022, Gili Trawangan Menggeliat Jadi Kampung Bule Lagi

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 16:35 WIB
dipadati-ribuan-wisman-saat-libur-lebaran-2022-gili-trawangan-menggeliat-jadi-kampung-bule-lagi
Suasana area ruas jalan dekat pelabuhan Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, yang dipadati wisatawan, Selasa (3/5/2022). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Purwanto

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Setelah nyaris mati suri selama dua tahun akibat dihajar pandemi Covid-19, pariwisata di Gili Trawangan kembali menggeliat. 

Pada libur Lebaran 2022 kali ini, pulau kecil di barat laut Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat itu mulai dipadati wisatawan, terutama wisatawan mancanegara (wisman).

Sejak aturan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri ditiadakan beberapa pekan lalu, wisatawan asing memang terus mengalir masuk ke Gili Trawangan, terutama melalui pintu Pelabuhan Padangbai di Bali.

Baca Juga: Sejumlah Wisata Kota Surabaya Dibuka Selama Libur Lebaran, Suguhkan Kuliner dan Berbagai Hiburan

Sejak Jumat (29/4/2022) pekan lalu, terhitung nyaris 2.000 wisatawan tiba menggunakan fastboat atau kapal cepat dari Padangbai, Bali. 

Hal ini diungkapkan oleh Kadek Yogiani, seorang agen Gilifastboat yang melayani penyeberangan angkutan penumpang antara Bali termasuk Nusa Lembongan dan Nusa Penida, dan Lombok termasuk tiga gili (Gili Air, Meno dan Trawangan). 

“Total penumpang dari 29 April sampai hari ini (Selasa, 3 Mei 2022) dari Padangbai Bali ke (Gili Trawangan) Lombok itu ada 1.990 orang,” ujar Yogie, begitu ia diakrabi, saat dihubungi oleh KOMPAS.TV, Selasa (3/5).

Baca Juga: Masuk Ancol Harus Daftar Dulu, Simak Info Lengkap soal Tiket Masuk, Pendaftaran dan Cara Bayar

Total jumlah penumpang tersebut tak cuma terdiri dari wisatawan domestik, melainkan juga wisatawan mancanegara (wisman). Bahkan, wisman menempati porsi terbesar jumlah penumpang yang datang.

“Di luar dugaan ini, karena tamu banyak bule juga, nggak hanya WNI (warga negara Indonesia),” ujar Yogie seraya mengimbuhkan, “WNI so far cuma 37 persen saja.” 

Suasana kepadatan penumpang di jetty atau pelabuhan dermaga tempat fastboat atau kapal cepat bersandar menaikturunkan penumpang di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa (3/5/2022). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x