Kompas TV nasional update

Jemaah Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal Lebihi Kapasitas, Wapres Sempat Terhalang

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 14:11 WIB
jemaah-salat-idulfitri-di-masjid-istiqlal-lebihi-kapasitas-wapres-sempat-terhalang
Ilustrasi salat Idulfitri berjamaah di Masjid Istiqlal. (Sumber: Istiqlal.or.id)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jumlah jemaah salat Idulfitri 1443 hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Senin (2/5/2022), melebihi kapasitas yang ditentukan panitia.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar menyampaikan, jumlah jemaah salat Idulfitri 1443 H mencapai 300 ribu lebih.

"Alhamdulillah kesan mereka sangat puas walaupun macet, karena saya perkirakan tadi bisa sampai 300 ribu," kata Nazaruddin kepada awak media di Masjid Istiqlal usai salat Idulfitri, Senin.

Kapasitas Masjid Istiqlal sebanyak 250 ribu orang, namun yang ditargetkan oleh pihak panitia dalam pelaksanaan ibadah salat Idulfitri tahun ini hanya 150 ribu.

Baca Juga: Khatib Salat Id di Masjid Istiqlal Ingatkan Umat untuk Mawas Diri dan Miliki Semangat Gotong Royong

Dampaknya, kata dia, para jemaah sampai memenuhi area pelataran masjid yang biasanya dipakai untuk pameran. Bahkan pada pukul 07.03 WIB, pintu masuk di segala arahnya sudah ditutup.

"Kapasitasnya 250 ribu tapi tadi itu sampai di jalan masuk depan (gereja) Katedral penuh semua.”

“Pelataran-pelataran yang biasa dipakai pameran itu dipenuhi semua, jam 07.03 WIB ditutup, jadi belum lagi dapat informasi gak bisa nembus istiqlal karena orang sudah padati tengah jalan," ucap Nazaruddin.

Membludaknya jemaah, lanjut dia, menyebabkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sempat terhalang saat akan masuk ke area dalam Masjid Istiqlal.

Bahkan, Ketua BAZNAS Noor Achmad yang merupakan khatib dalam ibadah salat Idulfitri, kata Nazaruddin, harus menempuh perjalanan menggunakan ojek online untuk bisa sampai masjid.

"Pak Wapres sempat terhalang, khatibnya tuh naik ojek, ketahan. Jadi kami sudah siapkan semua kalau seandainya khatibnya berhalangan. Sampai 3 opsi kami," kata Nazaruddin.

Baca Juga: Alasan Presiden Jokowi Tidak Laksanakan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta

Kendati dipenuhi jemaah, Nazaruddin memastikan ibadah salat Idulfitri di Masjid Istiqlal tahun ini secara keseluruhan berjalan lancar dan aman.

Dirinya juga memastikan tidak ada masalah berarti mulai dari perayaan malam takbiran hingga ibadah salat Idulfitri.

“Alhamdulillah mencapai puncak tadi sampai per detik ini, masih zero accident. Anak-anak kecil, pemadam kebakaran juga kita siapkan siapa tau jatuh di lift, atau ada ular, kita 24 jam dokter, ambulans kalau seandainya ada apa-apa," ungkapnya.



Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x