Kompas TV nasional update

Pemudik Hanya Bisa Istirahat di Rest Area selama 30 Menit, Alasannya?

Kompas.tv - 28 April 2022, 09:25 WIB
pemudik-hanya-bisa-istirahat-di-rest-area-selama-30-menit-alasannya
Ilustrasi rest area di jalan tol. PT Jasamarga Related Business (JMRB) hanya memberi waktu istirahat di rest area selama 30 menit bagi pemudik. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap pemudik yang melintasi jalan tol, hanya memiliki waktu istirahat di rest area selama 30 menit.

Aturan tersebut diberlakukan oleh PT Jasa Marga Related Business (JMRB), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sesuai ketetapan Kementerian PUPR.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/4/2022).

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan tol bahwa durasi beristirahat di dalam rest area, maksimal 30 menit," kata Tita.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022, Pemerintah Tambah 150 Toilet di Area Rest Area Tol Trans-Sumatera

Alasan pembatasan waktu istirahat di rest area jalan tol

Tita menjelaskan, alasan pihaknya membatasi waktu istirahat para pemudik untuk beristirahat di rest area jalan tol, salah satunya karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Selain sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19, imbauan tersebut juga berguna untuk menghindari kepadatan di dalam rest area," imbuh Tita.

"Sehingga, (dengan begitu) dapat memberikan kesempatan bagi pengguna jalan lainnya untuk dapat memanfaatkan fasilitas di rest area," tegasnya.

Adapun, untuk menyebarkan informasi tersebut, Tita mengungkapkan bahwa telah dipasangnya sejumlah sepanduk dan poster di titik-titik tertentu.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Besok, Pemudik dari Sumatera Tujuan Timur Jawa Diimbau Tak Masuk Rest Area KM 57

Tak hanya pemudik, JMRB pun memberikan imbauan kepada para penyewa rest area untuk menyiapkan makanan dalam kemasan agar tak terjadi penumpukan antrean pengunjung.

Tita menegaskan, bersama mitra pengelola rest area jalan tol Jasa Marga Group, JMRB sudah menyiapkan sejumlah kesiapan operasional.

Terutama, upaya untuk mengoptimalkan kapasitas rest area demi memastikan sirkulasi dan manuver kendaraan di jalan tol tetap berjalan baik

"Salah satu yang kami lakukan untuk mengoptimalkan kapasitas adalah dengan membuat rekayasa arus lalu lintas di dalam rest area, serta memaksimalkan kapasitas parkir," sebutnya.

Tita menambahkan, pada musim mudik Lebaran 2022 ini, JMRB pun telah menambah toilet fungsional total sebanyak 1.061 unit di seluruh rest area jalan tol Jasa Marga Group.

"Penambahan toilet fungsional juga kami lakukan demi menghindari penumpukan pengunjung di toilet-toilet eksisting," ujar TIta.

"Dan untuk memastikan kecukupan air bersih di toilet dan sarana ibadah, kami juga telah menambah pasokan air bersih," tandasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x