Kompas TV olahraga kompas sport

PSSI: Jordi Amat dan Sandy Walsh Selangkah Lagi Jadi WNI

Kompas.tv - 26 April 2022, 20:12 WIB
pssi-jordi-amat-dan-sandy-walsh-selangkah-lagi-jadi-wni
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani yang berfoto dengan Sandy Walsh dan Jordi Amat yang memegang jersey Timnas Indonesia. (Sumber: Dok pribadi Hasani Abdulgani)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, mengungkapkan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mendukung penuh proses naturalisasi calon dua pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, yang selangkah lagi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).

PSSI diketahui melakukan pertemuan dengan perwakilan Kemenkumham di Jakarta, Selasa (26/4/2022), untuk membicarakan proses naturalisasi Jordi dan Sandy.

Perwakilan PSSI yang dipimpin Sekjen Yunus Nusi, diterima Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham Cahyo Rahadian Muzhar dan Direktur Tata Negara pada Ditjen AHU Kemenkumham, Baroto.

"Alhamdulillah pertemuan dan diskusi dengan pihak Kemenkumham tadi sangat positif hasilnya," kata Yunus Nusi dikutip dari laman resmi PSSI.

"Pihak Kemenkumham sangat membantu dan mendukung proses naturalisasi calon pemain timnas Indonesia yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat ini agar selesai dengan cepat," imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Ditjen AHU Cahyo Rahadian Muzhar memberikan arahan kepada stafnya untuk menyelesaikan proses naturalisasi lebih cepat. 

Hal tersebut dilakukan setelah antusias mendengar penjelasan dari PSSI terkait program untuk Timnas Indonesia.

Saat ini Sandy Walsh bermain untuk klub asal Belgia, KV Mechelen, yang berpeluang lolos ke Liga Europa musim depan.

Sementara Jordi Amat juga bermain di Belgia bersama K.A.S. Eupen dan telah memutuskan melanjutkan kariernya di Indonesia meski belum diketahui klub mana yang akan menjadi tujuan.

Baca Juga: Punya Nilai Pasar Rp22 Miliar, Klub Indonesia Mana yang Mampu Kontrak Jordi Amat?

Jordy dan Sandy nantinya diharapkan bisa bergabung bersama Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan digelar Juni mendatang di Kuwait.

Yunus Nusi menambahkan, proses naturalisasi Jordi dan Sandy tinggal menyisakan satu syarat lagi sebelum keduanya resmi mendapat status WNI.

"PSSI mengucapkan banyak terimakasih untuk Kemenkumham lewat Ditjen AHU yang membantu proses naturalisasi ini," ucap Yunus Nusi. 

"Saat ini proses tinggal satu syarat lagi yang harus dipenuhi oleh PSSI agar dua pemain tersebut resmi menjadi WNI. Intinya PSSI mengikuti aturan dan prosedural dari pemerintah Indonesia terkait program ini," tambahnya.

Sandy Walsh dan Jordi Amat pada awal April lalu sudah bertemu dengan perwakilan PSSI di Belgia. 

Kedua pemain mengatakan bahwa mereka sudah tidak sabar bermain bersama Timnas Indonesia di bawah racikan pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga: Nenek Jordi Amat Menangis saat Tahu Cucunya akan Segera Membela Timnas Indonesia



Sumber : pssi.org


BERITA LAINNYA



Close Ads x