Kompas TV internasional kompas dunia

Macron Kembali Menjadi Presiden Prancis dengan Suara Meyakinkan, Marine Le Pen Akui Kekalahan

Senin, 25 April 2022 | 02:46 WIB
macron-kembali-menjadi-presiden-prancis-dengan-suara-meyakinkan-marine-le-pen-akui-kekalahan
Badan pemantau pemilu Prancis memproyeksikan petahana Presiden Prancis Emmanuel Macron memenangkan pemilihan presiden. Sementara kandidat sayap kanan Marine Le Pen dilaporkan sudah mengakui kekalahan. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

PARIS, KOMPAS.TV - Badan pemantau pemilu di Prancis memproyeksikan petahana Presiden Prancis Emmanuel Macron memenangkan pemilihan presiden, seperti dilaporkan Associated Press, Senin (25/4/2022).

Sementara itu, pesaing Macron, yaitu Marine Le Pen, dilaporkan sudah mengakui kemenangan Macron pada hari Minggu (24/4/2022) malam.

Proyeksi pertama menunjukkan Macron mengamankan sekitar 57-58 persen suara. Perkiraan seperti itu biasanya akurat tetapi dapat disesuaikan setelah hasil resmi datang dari seluruh negeri.

Sorak-sorai kegembiraan meletus saat hasil suara pemilihan ditampilkan layar raksasa di Taman Champ de Mars, di kaki Menara Eiffel, tempat para pendukung Macron mengibarkan bendera Prancis dan Uni Eropa. Orang-orang saling berpelukan dan meneriakkan "Macron".

Sebaliknya, sekelompok pendukung Le Pen yang sedih meledak dalam ejekan dan siulan ketika mereka mendengar berita itu di pinggiran Paris.

Macron hanya punya sedikit masa tenggang usai resmi diumumkan, terutama karena pemilih dari kaum kiri memilihnya hanya untuk menggagalkan kemenangan kandidat sayap kanan Le Pen. 

Baca Juga: Macron dan Le Pen Sengit di Pilpres Prancis Putaran 2 Hari Ini, Hasil Tergantung Jumlah Pencoblos

Presiden Prancis Emmanuel Macron berjabat tangan dengan simpatisan saat dia menuju ke tempat pemungutan suara di Le Touquet, Prancis utara, Minggu, 24 April 2022. (Sumber: AP Photo/Thibault Camus)

“Akan ada kesinambungan dalam kebijakan pemerintah karena presiden terpilih kembali. Tetapi kami juga mendengar pesan orang-orang Prancis,” kata Menteri Kesehatan Olivier Veran kepada BFM TV.

Tantangan besar pertama adalah pemilihan parlemen.

Pemilihan parlemen sudah dekat, akan digelar bulan Juni, dan partai-partai oposisi di kiri dan kanan akan segera memulai dorongan besar untuk mencoba memberikan suara di parlemen dan pemerintah yang berseberangan dengan garis kebijakan Macron.

Philippe Lagrue, 63, direktur teknis di sebuah teater di Paris, mengatakan pada hari sebelumnya dia memberikan suara untuk Macron, setelah memberikan suara untuk Jean-Luc Melenchon yang berhaluan keras di putaran pertama.

Dia mengatakan akan kembali memilih Melenchon dalam pemilihan legislatif. “Melenchon Perdana Menteri. Itu akan menyenangkan. Macron akan marah, tapi itulah intinya.”

Baca Juga: Bagi Pemilih Selain Macron dan Le Pen, Pilpres Prancis seperti Memilih antara Kolera atau Wabah

Penantang sayap kanan Prancis Marine Le Pen memberikan suaranya pada pilpres putaran kedua di Henin-Beaumont, Prancis utara, Minggu, 24 April 2022. (Sumber: AP Photo/Michel Spingler)

Pro-Eropa

Jajak pendapat Ifop, Elabe, OpinionWay dan Ipsos memproyeksikan kemenangan 57,6-58,2 persen untuk Macron.

Kemenangan Macron yang berhaluan tengah dan pro-Uni Eropa akan dipuji oleh sekutunya sebagai pukulan balik atas politik arus utama yang terguncang beberapa tahun terakhir menyusul keluarnya Inggris dari Uni Eropa, pemilihan Donald Trump tahun 2016, dan kebangkitan generasi baru para pemimpin nasionalis.

Macron akan bergabung dengan klub kecil, di mana hanya dua presiden Prancis sebelumnya yang berhasil mengamankan masa jabatan kedua.

Tetapi margin kemenangannya terlihat lebih ketat daripada ketika dia pertama kali mengalahkan Le Pen tahun 2017, menggarisbawahi berapa banyak orang Prancis yang tidak terkesan dengan dia dan rekor domestiknya.


Sumber : Associated Press/Straits Times

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


VOD

Harga BBM Subsidi Naik, Warga Semakin Berhemat

Minggu, 25 September 2022 | 00:40 WIB
Close Ads x