Kompas TV video vod

Terinspirasi Taj Mahal, Seorang Mualaf Bangun Masjid Megah di Sunter Sebagai Wujud Cinta Keluarga

Kompas.tv - 24 April 2022, 15:15 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika anda berkunjung ke kawasan Sunter, tepatnya di Jalan Danau Sunter Raya Selatan, Jakarta Utara, Masjid Ramlie Musofa ini, akan mudah anda temui.

Bangunannya yang ikonis menyerupai bentuk Masjid Taj Mahal di India, menarik perhatian para jemaah, atau wisatawan yang melintas.

Masjid Ramlie Musofa pada 2016 diresmikan langsung oleh pemilik masjid, Ramli Rasidin, dan Imam Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Nama masjid diambil dari singkatan nama anggota keluarga yang membangun masjid ini.

Ramli Rasidin yang berstatus mualaf, sejak dulu bercita-cita membangun masjid.

Ketika memiliki kemampuan untuk membangun masjid, Ramli Rasidin pun membangun masjid yang memiliki desain seperti Taj Mahal.

Alasannya sederhana, jika Taj Mahal adalah simbol cinta Raja Mughal kepada istrinya, masjid ini juga dibangun sebagai wujud cinta pemiliknya terhadap keluarga, dan agama islam.

Sejak pandemi, aktivitas di masjid ini memang ikut dibatasi.

Jika biasanya di bulan ramadan masjid ini ramai dengan kajian islami, pandemi membuat pengurus masjid terpaksa menghentikan sementara aktivitas kajian islami.

Jika waktu buka puasa pun, panitian ramadan masjid yang akan membagikan takjil dengan mendatangi jemaah langsung.

Tahun ini, kemeriahan ramadan kembali terasa, dengan diizinkannya kembali salat taraih digelar di masjid.

Berdiri megah di antara rumah warga, dengan posisi yang berhadapan langsung dengan Danau Sunter, menjadi keistimewaan masjid ini, meskipun lahan parkir yang tersedia begitu terbatas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x