Kompas TV cerita ramadan panduan

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik agar Aman dan Tak Dibobol Maling

Kompas.tv - 24 April 2022, 06:45 WIB
tips-meninggalkan-rumah-saat-mudik-agar-aman-dan-tak-dibobol-maling
Foto ilustrasi mengunci rumah dalam keadaan kosong. Sejumlah tips meninggalkan rumah saat mudik pantas untuk dicoba. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada Lebaran 2022, pemerintah akhirnya memperbolehkan mudik setelah dua tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19.

Tak heran jika banyak masyarakat yang memanfaatkan momen ini untuk meninggalkan sejenak perantauan dan melepas kerinduan di kampung halaman.

Meski sudah tak sabar untuk bertemu dengan kerabat jauh, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi rumah saat ditinggal mudik.

Meninggalkan rumah saat mudik dalam kondisi kosong dan tanpa pengamanan memang rawan akan pencurian.

Baca Juga: 7 Tips Tinggalkan Motor Saat Mudik agar Tetap Aman dan Tak Rusak

Selain pencurian, bahaya meninggalkan rumah saat mudik tanpa persiapan lainnya yakni korsleting listrik yang bisa memicu kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Deni Koswaran memberikan tips aman meninggalkan rumah saat mudik.

"Pastikan keadaan rumah dalam kondisi aman mulai dari keberangkatan hingga pulang," ujar Koswaran pada laman tangerangkota.go.id, Minggu (24/4/2022).

Berikut tips meninggalkan rumah saat mudik agar aman dan terhindar dari tindakan pencurian:

1. Matikan benda elektronik

Meski tak digunakan, benda elektronik yang masih menyala dapat memicu korsleting listrik yang berbahaya.

Oleh karena itu, Koswaran mengimbau untuk mematikan seluruh barang elektronik seperti televisi, AC, kipas angin, dan lain-lainnya

2. Periksa tabung gas

Selain mematikan seluruh barang elektronik, tips meninggalkan rumah saat mudik lainnya yakni dengan mengecek area dapur terutama bagian tabung gas.



Sumber : tangerangkab.go.id, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x