Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Paus Fransiskus Batalkan Pertemuan dengan Pemimpin Gereja Ortodoks Rusia

Kompas.tv - 23 April 2022, 07:25 WIB
paus-fransiskus-batalkan-pertemuan-dengan-pemimpin-gereja-ortodoks-rusia
Ilustrasi. Paus Fransiskus saat berkhotbah dalam misa di Basilika Santo Petrus, Vatikan pada Minggu, 14 November 2021. Paus Fransiskus menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Patriark Ortodoks Rusia Kirill dari Moskwa pada Juni mendatang dibatalkan. (Sumber: Gregorio Borgia/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MOSKOW, KOMPAS.TV - Paus Fransiskus menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Patriark Ortodoks Rusia Kirill dari Moskow, dibatalkan. Pertemuan ini sedianya akan berlangsung pada Juni mendatang di Yerusalem.

Paus Fransiskus beralasan pertemuannya dengan Kirill batal agar tidak menuai “keresahan” sehubungan invasi Rusia ke Ukraina.

“Diplomasi kami merasa bahwa pertemuan pada saat ini dapat menuai banyak keresahan,” kata Paus Fransiskus dikutip media Argentina, La Nacion via The Moscow Times.

Baca Juga: Pesan Paskah Paus Fransiskus: Dunia Menginginkan Perdamaian di Ukraina

Sri Paus tidak secara tegas menyebut invasi Rusia ke Ukraina. Namun, pernyataan tersebut selaras dengan sikap Vatikan yang menentang perang Rusia-Ukraina.

Paus Fransiskus sendiri menentang invasi Rusia ke Ukraina dan menyebutnya sebagai “perang yang keji dan tak masuk akal.”

Sementara itu, Patriark Kirill diketahui sebagai sekutu dekat Vladimir Putin. Kirill mendukung invasi Putin dan menyebutnya dibutuhkan untuk melawan “musuh” Rusia.

Meskipun bertentangan sikap mengenai invasi, Sri Paus menegaskan hubungannya dengan Kirill dan umat Ortodoks “sangat baik.”

Paus Fransiskus dan Patriark Kirill sendiri bertemu di Kuba pada 2016 lalu. Acara itu mempertemukan dua pemimpin denominasi Kristen terbesar di dunia dan pertama sejak lebih dari seribu tahun lalu.

Baca Juga: Menag Yaqut Ingin Datangkan Paus Fransiskus, Begini Tanggapan Pimpinan DPR


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x