Kompas TV regional wisata

Liburan saat Mudik Lebaran 2022, Berikut 8 Tempat Wisata di Kota Solo yang Bisa Kamu Kunjungi

Kompas.tv - 23 April 2022, 06:20 WIB
liburan-saat-mudik-lebaran-2022-berikut-8-tempat-wisata-di-kota-solo-yang-bisa-kamu-kunjungi
Pura Mangkunegaran, salah satu tempat wisata di kota Solo yang bisa dikunjungi saat liburan mudik Lebaran 2022. (Sumber: Dinas Budaya dan Pariwisata Surakarta)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut delapan tempat wisata di kota Solo yang bisa kamu kunjungi saat liburan mudik Lebaran 2022.

Tahun ini, pemerintah telah mengizinkan kembali seluruh warga Indonesia untuk pergi mudik untuk merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Momen mudik itu tentu akan dimanfaatkan untuk bersilaturahmi sekaligus berlibur bersama sanak famili.

Apabila kamu mudik dan berlebaran di Kota Solo, kamu bisa melakukan aktivitas liburan dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang menarik.

Berikut 8 tempat wisata di kota Solo yang bisa kamu kunjungi daat liburan mudik Lebaran 2022:

Baca Juga: Cikal Bakal Bahasa Indonesia Lahir di Pulau Penyengat, Bakal Jadi Wisata Berbasis Budaya

1. Taman Balekambang Surakarta

Seperti namanya, Taman Balekambang ini berada di Jalan Balekambang Nomor 1, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo. 

Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota atau berada di utara Stadion Manahan, membuat Taman Balekambang sangat mudah untuk dijangkau.

Taman yang memiliki luas area 9,8 hektare ini dimultifungsikan sebagai taman seni dan budaya, taman botani, taman edukasi, dan tempat rekreasi yang sangat cocok untuk tempat liburan bersama keluarga.

2. Taman Satwa Taru Jurug Solo

Kebun binatang bernama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) ini terletak di Kecamatan Jebres, Solo dan dekat dengan perbatasan Kabupaten Karanganyat.

Di TSTJ, wisatawan bisa melihat beragam jenis hewan di lokasi yang telah berdiri sejak 1972 itu.

Adapun satwa yang bisa dilihat di sini di antaranya gajah, harimau, burung merak, jerapah, kuda nil, unta, burung beo hingga jenis hewan lainnya yang digemari anak-anak.

3. Museum Keraton Surakarta

Museum Kraton Kasunanan Surakarta merupakan tempat wisata di kota Solo di mana pengunjung bisa melihat dan menyaksikan berbagai benda peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta dan beberapa fragmen candi yang ditemukan di Jawa Tengah.

Berbagai koleksi yang ada di museum ini antara lain alat masak abdi dalem, senjata-senjata kuno keluarga kerajaan, hingga peralatan kesenian.

Ada pula koleksi menarik lainnya seperti kereta kencana, topi kebesaran Pakubuwono VI, Pakubuwono VII, serta Paku Buwono X.

Museum Keraton Solo ini berada di Jalan Sidikoro, Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Baca Juga: Pemprov Papua Barat Siap Kembangkan Danau Anggi Pegaf Untuk Pengembangan Destinasi Wisata

4. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran merupakan tempat wisata di kota Solo yang dibangun oleh Pangeran Sambernyawa atau Raden Salah pada tahun 1757.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x