Kompas TV regional berita daerah

Pemprov Papua Barat Siap Kembangkan Danau Anggi Pegaf Untuk Pengembangan Destinasi Wisata

Kompas.tv - 19 April 2022, 18:16 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

PEGUNUNGAN ARFAK, KOMPAS.TV - Selain destinasi wisata Raja Ampat di Papua Barat, kabupaten pegunungan Arfak juga tidak kalah menariknya. Tempat yang berada di perbukitan ini ternyata menyimpan sejumlah destinasi wisata, Salah satunya danau anggi yang menarik, namun sayangnya masih belum tersentuh.

Danau Anggi yang terletak di kawasan Pegunungan Arfak ini, memiliki dua nama yaitu Anggi Ginji dan Anggi Gita yang terpisahkan oleh gunung. Menurut legenda orang Arfak, konon kataya terdapat sepasang anak manusia tinggal di Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat. Mereka hidup berdua dan memadu kasih hingga kekuatan cinta mengabadikan diri mereka menjadi dua buah danau besar yang ada sampai sekarang.

Danau Anggi terletak di kawasan cagar alam Pegunungan Arfak dan berada di ketinggian kurang lebih 2.950 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai wilayah tempat tinggal suku Arfak ini, membutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan menggunakan kendaraan berpenggerak 4 roda, berjarak 35 km dari kota  Manokwari.

Suhu di sekitar Danau Anggi sendiri bisa mencapai 16 derajat, tak heran masih minim wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, selain jarak yang ditempuh cukup jauh. Hal ini yang menarik perhatian pemerintah Provinsi Papua Barat, untuk segera mengolah tempat ini, agar dapat dikembangkan dan membuka peluang investasi semakin besar di Papua Barat.

Sementara Pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak sendiri telah siap menerima investor untuk mengembangkan tempat ini dengan memberikan kemudahan berusaha, seperti pengadaan tanah, dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat lokal.

#PegununganArfak #WisataRajaAmpat #DanauAnggi




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x