Kompas TV nasional politik

AHY Dinilai Hapus Politik Uang Partai Demokrat, Singgung Emil Dardak Ketua DPD Jatim Sudah Tepat

Kompas.tv - 22 April 2022, 12:30 WIB
ahy-dinilai-hapus-politik-uang-partai-demokrat-singgung-emil-dardak-ketua-dpd-jatim-sudah-tepat
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut, kepemipinan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY telah menghapus budaya politik uang dalam Musyawarah Daerah (Musda) saat memperebutkan kursi ketua DPD.

Ia mencontohkan, seperti keputusan AHY memilih Emil Dardak menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim) sudah tepat dan sudah sesuai dengan AD/ART Partai Demokrat. 

Baca Juga: Hasil Survei Sebut Anies-AHY Menang di Pilpres 2024, Demokrat: Pasangan yang Ideal

Sebab, musda untuk mengusulkan calon ketua DPD terbaik, bukan dalam konteks menang-menangan suara karena masih ada tahapan fit and proper test setelah musda.

"Tahapan fit dan proper test dimunculkan dan disepakati di AD/ART Partai Demokrat karena di waktu lampau keunggulan suara yang diperoleh ketua terpilih di musda ada indikasi dan fakta terjadinya money politics," kata Herzaky dalam keterangan tertulis, Jumat (22/4/2022). 

Ia mengatakan, AHY berupaya menghapus money politics di Partai Demokrat dengan memastikan pelaksanaan tahapan fit and proper test sesuai dengan AD/ART Partai Demokrat Tahun 2020.

"Untuk pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim sendiri, ada beberapa pertimbangan strategis mengapa Emil E. Dardak yang dipilih. Pertama, Emil pernah menjadi bupati." 

"Lalu, saat ini dia sedang mengemban amanah wakil gubernur. Sementara, Bayu sendiri baru menjadi anggota DPRD Provinsi. Jelas, pengalaman di dunia politik jauh lebih matang Emil dibandingkan Bayu," ujarnya. 

Selain itu, saat uji kepatutan dan kelayakan yang direkam oleh pihaknya, wujud pengalaman Emil Dardak tampak ketika dia lebih menguasai persoalan, pemetaan persoalan, maupun usulan solusi, termasuk rencana membirukan Demokrat di Jawa Timur.

Baca Juga: Politikus Demokrat: Pembangunan Era SBY Lebih Baik daripada Jokowi

"Demokrat sendiri sebelum era Pakde Karwo, pernah menjadi nomor 1 di Jawa Timur. Sedangkan di sekarang di peringkat kelima. Sekarang, Demokrat di Jawa Timur solid. Tidak ada lagi pendukung Emil dan pendukung Bayu. Yang ada hanya satu kubu, kubu AHY," kata dia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x