Kompas TV nasional peristiwa

Iriana Jokowi: Maknai Hari Kartini sebagai Era Kebangkitan Perempuan Indonesia

Kompas.tv - 21 April 2022, 12:55 WIB
iriana-jokowi-maknai-hari-kartini-sebagai-era-kebangkitan-perempuan-indonesia
Iriana Jokowi dalam Peringatan Hari Kartini KE-144 Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis, sebagaimana disiarkan kanal resmi YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/4/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengatakan peringatan Hari Kartini ke-144 harus dimaknai sebagai era kebangkitan perempuan Indonesia.

Demikian Iriana Jokowi dalam Peringatan Hari Kartini KE-144 Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis, sebagaimana disiarkan kanal resmi YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/4/2022).

“Kebangkitan perempuan Indonesia untuk melawan pandemi, kebangkitan perempuan Indonesia untuk pemulihan ekonomi, sehingga kita bisa segera mewujudkan Indonesia Maju seperti yang kita cita-citakan bersama,”

Menurut Iriana, berkat Kartini, perempuan Indonesia saat ini bisa sejajar dengan laki-laki dalam segala bidang kehidupan.

Baca Juga: Cocok Ditonton Saat Hari Kartini, Ini 5 Rekomendasi Film Tentang Perjuangan Perempuan Indonesia

“Berkat Kartini pula banyak perempuan-perempuan masa kini telah berjasa dan berprestasi dalam profesinya masing baik dalam skala nasional maupun internasional,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Iriana lebih lanjut mengatakan dapat dikendalikannya situasi pandemi Covid-19 di Indonesia juga termasuk di dalamnya ada peran perempuan.

Oleh karena itu, Iriana berterima kasih kepada tenaga kesehatan perempuan maupun perempuan Indonesia yang turut serta berjuang mengendalikan pandemi.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan perempuan dan kepada seluruh perempuan Indonesia yang telah berjuang mengendalikan pandemi di Tanah Air," ujarnya.

Baca Juga: Rangkuman Perjuangan RA Kartini: Biografi, Emansipasi Perempuan, dan Hari Kartini

Tak hanya itu, Iriana juga menyampaikan dukacita kepada perempuan-perempuan Indonesia yang gugur dalam perjuangan menjadi garda depan saat menangani pandemi COVID-19.

"Peran perempuan Indonesia sangat diharapkan untuk berkontribusi mendorong pemulihan akibat pandemi. Hal ini merupakan potensi besar guna mempercepat pemulihan dan meningkatkan perekonomian," kata Iriana.

“Pemerintah tentunya akan terus berkomitmen memberi peluang sebesar-besarnya kepada perempuan Indonesia untuk terus berkarya dan memaksimalkan segala potensinya di segala sektor,” ujarnya.

Sebagai bukti komitmen dukungan terhadap perempuan, Iriana mengatakan pemerintah memberikan penghargaan kepada 514 perempuan penerima penghargaan yang telah berjasa dan berprestasi di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, lingkungan hidup, dan pertanian.

“Hal itu menjadi bukti bahwa perempuan juga bisa berjasa, bisa berprestasi, dan bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat di sekitarnya,” ucapnya.

"Saya berharap tetap semangat yang muda, yang tua, tanpa halangan untuk berprestasi," kata Iriana.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x