Kompas TV entertainment film

Cocok Ditonton Saat Hari Kartini, Ini 5 Rekomendasi Film Tentang Perjuangan Perempuan Indonesia

Kamis, 21 April 2022 | 10:03 WIB
cocok-ditonton-saat-hari-kartini-ini-5-rekomendasi-film-tentang-perjuangan-perempuan-indonesia
Film Yuni  tayang di bioskop Indonesia sejak  Desember 2021 (Sumber: Dok. Fourcolors Films)

Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Semangat Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan pendidikan untuk perempuan di jamannya, jasanya selalu dikenang oleh seluruh masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, simak beberapa film tentang perempuan hebat Indonesia berikut ini.

Film-film ini memberikan sedikit gambaran bahwa perempuan di Indonesia tetap harus memelihara perjuangan yang telah dilakukan oleh RA Kartini.

1. Athirah

Film biopik ini diadaptasi dari novel biografi Hajjah Athirah Kalla, ibu dari Wapres ke-10 dan 12,   Jusuf Kalla.

Athirah berjuang melawan perasaannya demi mempertahankan keutuhan keluarga saat suaminya memutuskan mengawini perempuan lain.

Athirah disutradarai Riri Riza dan dibintangi Cut Mini. Christoffer Nelwan, dan Tika Brivani.

2. Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak

"Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak" menceritakan tentang janda Marlina (Marsha Timothy) yang tinggal dengan tenang di Sumba semenjak suaminya meninggal. Perjuangan Marlina mendapatkan kebebasannya digambarkan secara epik oleh sutradara Mouly Surya.

Baca Juga: Rangkuman Perjuangan RA Kartini: Biografi, Emansipasi Perempuan, dan Hari Kartini

3. Kartini

Film garapan Hanung Bramantyo ini mengangkat kisah perjuangan Kartini untuk emansipasi perempuan. Pada masa itu, perempuan-perempuan di Indonesia tidak diperbolehkan mengecap pendidikan tinggi. Kartini yang diperankan oleh Dian Sastro Wardoyo mendobrak budaya turun-temurun itu.

Kartini tergerak untuk menyetarakan hak bagi kaum perempuan setelah melihat kehidupan ibunya Ngasirah (Christine Hakim) yang berasal dari kaum biasa.

4. Siti

Potret perjuangan perempuan Indonesia lain juga digambarkan dengan baik oleh Eddie Cahyono di film "Siti". Siti bercerita tentang seorang perempuan, ibu, sekaligus tulang punggung keluarga nelayan di daerah pinggiran.

Siti tak memiliki banyak pilihan hidup selain menjual peyek dan tubuhnya demi keluarga. Perjuangan hidup Siti semakin berat karena ia juga harus mengurusi anaknya yang masih kecil dan ibu mertuanya yang sudah renta.

Dilema besar harus dihadapi oleh Siti ketika seorang polisi bernama Gatot jatuh cinta kepadanya dan berniat menikahinya.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Kartini 2022 Beserta Kata-kata Mutiara

5. Yuni

Yuni merupakan film baru tentang perjuangan seorang perempuan Indonesia yang wajib disaksikan. Dibintangi oleh Arawinda Kirana, Yuni bercerita tentang seorang gadis remaja pintar dengan impian besar untuk melanjutkan sekolah ke bangku perkuliahan.

Kehidupan Yuni berubah saat hadir dua laki-laki yang datang untuk melamarnya. Potret realita sederhana yang ada di daerah pinggiran Indonesia ini dikemas secara apik oleh sutradara Kamila Andini.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x