Kompas TV nasional politik

Di Acara "Soft Launching", Anies Sebut JIS Tegaskan Posisi Jakarta di Kancah Global

Kompas.tv - 20 April 2022, 10:38 WIB
di-acara-soft-launching-anies-sebut-jis-tegaskan-posisi-jakarta-di-kancah-global
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpose di dekat trofi sebelum pertandingan Barcelona U-18 melawan Atletico Madrid U-18 pada final International Youth Championship (IYC) 2021 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Selasa (19/4/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./nym)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, berdirinya Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, menegaskan posisi Jakarta di kancah global. 

"Kota Megapolitan terbesar di belahan bumi bagian selatan dan kota yang menjadi ibukota ASEAN bagi Jakarta yang menjadi tempat dari begitu banyak keejadian sejarah penting bagi bangsa ini," kata Anies dalam acara Soft Launching JIS, Selasa (19/4/22) malam. 

Baca Juga: Barcelona U-18 Juarai IYC 2021, Anies: Sebetulnya Ingin Indonesia All Star yang Menang

Menurut Anies,  JIS akan memberikan masa depan kepada Jakarta dengan menciptakan kejadian-kejadian bersejarah berikutnya. 

Sebab, JIS dinilai sebagai salah satu bukti bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan  JIS merupakan karya yang setara dengan karya terbaik di dunia. 

"Kita adalah bangsa yang mampu mempersembahkan karya kolosal, karya yang setara dengan karya yang terbaik di dunia," ujarnya. 

Anies turut mengutip beberapa potongan pidato Presiden pertama RI, Soekarno. 

"Karya ini membuktikan ucapan Bung Karno pada waktu dulu, kami menggoyangkan langit menggemparkan darat, menggelorakan samudera agar tidak menjadi bangsa yang hidup hanya dari 2,5 sen sehari. Kami bangsa yang rela bekerja keras demi pembelian cita-cita," kata dia. 

Baca Juga: Anies Minta Maaf soal Tiket Pertandingan IYC di JIS, Begini Katanya

Anies turut memaparkan bahwa  JIS dibangun dengan tingkat kerumitan dan kecanggihan yang tinggi serta semangat mengejar kesempurnaan. 

JIS, kata dia, mencetak berbagai rekor dalam bidang konstruksi, salah satunya rekor stadion beratap tertutup terbesar di Asia Pasifik. 

"Proses pembangunannya mencetak berbagai rekor dalam bidang konstruksi dan akan menjadi tolok ukur baru yang harus dikejar oleh bangsa-bangsa lain di dunia," ujar Anies. 

Anies juga menyebutkan, JIS dibangun dengan predikat platinum green building. 

"JIS tidak boleh menjadi beban bagi alam, beban bagi lingkungan, tapi JIS harus menjadi contoh sebuah bangunan yang tidak mengorbankan pelestarian tapi justru menopang pelestarian alam," kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x