Kompas TV olahraga kompas sport

Barcelona U-18 Juarai IYC 2021, Anies: Sebetulnya Ingin Indonesia All Star yang Menang

Kompas.tv - 20 April 2022, 02:40 WIB
barcelona-u-18-juarai-iyc-2021-anies-sebetulnya-ingin-indonesia-all-star-yang-menang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpose di dekat trofi sebelum pertandingan Barcelona U-18 melawan Atletico Madrid U-18 pada final International Youth Championship (IYC) 2021 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Selasa (19/4/2022). (Sumber:Kompas.tv/Ant/Hafidz Mubarak A./nym)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebenarnya berharap tim Indonesia All Star U-20 yang menjadi juara International Youth Championship (IYC), bukan Barcelona U-18.

"Kami sebetulnya kepingin yang menang itu Indonesia All Star. Indonesia All Star main dengan amat baik," kata Anies kepada wartawan di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (19/4/2022) malam.

Barcelona U-18 keluar sebagai juara IYC 2021 setelah mengalahkan tim Atletico Madrid U-18 dengan skor 1-0 di babak final yang digelar di JIS, Selasa malam.

Sedangkan Indonesia All Star berada di peringkat ketiga setelah mengalahkan Bali United U-18 dengan skor 2-1 di babak perebutan tempat ketiga.

Anies lalu bercerita tentang percakapannya dengan legenda Real Madrid, Michel Salgado, saat keduanya menonton langsung pertandingan di JIS.

Menurut Anies, mantan bek kanan Timnas Spanyol itu menilai permainan tim Indonesia All Star sangat baik.

Baca Juga: Penonton Rasis di JIS, IYC: Akan Kami Usir dari Lapangan, Say No To Racism!

"Dia (Salgado) bilang mereka punya stamina yang hebat, punya skill yang baik, semata-mata keberuntungan saja (tidak juara)," kata Anies.

Salgado, kata Anies, juga mengatakan kalau tim Indonesia All Star memiliki potensi luar biasa untuk membawa sepak bola Indonesia ke kancah internasional.

Perkataan Salgado tersebut tentu membuat mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2014—2016 itu bangga dan makin ingin melihat para pemain tim Indonesia All Star U-20 menjadi juara pada masa depan.

"Ya, saya bangga dengan Indonesia All Star. Itu menunjukkan bahwa kita punya bibit baik, mudah-mudahan di lapangan yang berstandar global akan muncul prestasi global," kata Anies.

Baca Juga: Anies Minta Maaf soal Tiket Pertandingan IYC di JIS, Begini Katanya

Untuk diketahui, IYC 2021 berlangsung pada 13-19 April 2022 di JIS. Turnamen itu diikuti oleh empat tim yaitu Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18, Bali United U-18, dan Indonesia All Star U-20.

IYC 2021 menjadi bagian dari agenda peluncuran awal atau soft launching JIS yang selesai dibangun pada Februari 2022 setelah menjalani proses pembangunan selama sekitar tiga tahun.

Adapun peresmiannya, menurut Anies, direncanakan akan digelar usai final IYC 2021.

"Begitu selesai final, maka kami akan bersiap-siap untuk grand lauching-nya JIS," kata Anies dalam konferensi pers sebagaimana dikutip dari YouTube Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga: Barcelona dan Atletico Madrid Puji Kualitas JIS

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x