Kompas TV olahraga kompas sport

9 Gol ke Man United Musim Ini, Klopp: Saya Tidak Ingin Memalukan Mereka

Kompas.tv - 20 April 2022, 07:08 WIB
9-gol-ke-man-united-musim-ini-klopp-saya-tidak-ingin-memalukan-mereka
Jurgen Klopp enggan selebrasi berlebihan meskipun cetak 9 gol ke MU musim ini (Sumber: Twitter @LFC)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

LIVERPOOL, KOMPAS.TV ­ - Juru taktik Liverpool, Jurgen Klopp, enggan selebrasi berlebihan meskipun timnya unggul telak 9 gol tanpa balas melawan Manchester United  di musim ini.

Apalagi, di pertandingan lawan MU di Anfield, Rabu (20/4/2022) timnya kembali menang telak 4-0. Jika ditotal, dengan leg awal Oktober lalu yang berakhir 0-5 di markas MU, anak asuhnya berhasil cleansheet dengan 9 gol bersarang di jala David De Gea.

Klopp menegaskan, Liverpool tidak ingin mempermalukan MU. Ia hanya melakukan yang terbaik untuk memenangkan pertandingan.

“Saya berdiri di sini tidak untuk mempermalukan mereka atau apa pun itu istilahnya. Itu sama sekali bukan alasannya. Kami melakukan apa yang harus kami lakukan dan kami memenangkan pertandingan, begitulah adanya,” papar Klopp di situs resmi Liverpool, Rabu (20/4/2022).

Pelatih berkebangsaan Jerman itu lantas menjelaskan alasannya tidak merayakan kemenangan ini  secara berlebihan.

Hal ini lantaran, MU sedang dalam kondisi sulit yang membuat mereka tidak bisa memaksimalka tim mereka. Padahal, mereka punya Ralf Rangnick yang dianggap sebagai 'guru' dari seorang Jurgen Klopp.

“United jelas berada dalam situasi yang sulit; lihat susunan pemain malam ini, mereka bermain tanpa gelandang tengah mereka dan saya pikir McTominay harusnya muncul, tapi ia belum siap," paparnya. 

Klopp lantas menjelaskan, siapa pun atau tim manapun bisa dalam kondisi sial seperti yang dirasakan MU musim ini atau dalam pertandingan melawan Liverpool. 

Apalagi, MU juga pincang setelah Ronaldo tidak bermain lawan Liverpool karena sedang berduka usai anaknya wafat jelang pertandingan. 

Baca Juga: Rahasia Mo Salah Usai Cetak 5 Gol ke Gawang MU Musim Ini

Baca Juga: Ralf Rangnick: Liverpool EnamTahun Lebih Baik daripada Man United

Klopp Tidak Merayakan, Fan Liverpool Boleh

Hal ini ditambah, kata Klopp, bisa saja ketika dalam kondisi sulit, ada saja masalahnya dan kadang tak terduga. Itu bisa menimpa siapa saja, termasuk saat ini MU. 

"Jadi, ketika situasi sulit—seperti di MU saat ini, Anda bikin akan dapat beberapa ‘pukulan tak terduga’ dan itu bisa terlihat, Pogba saja keluar pertandingan (cedera). Mereka dalam kondisi yang sulit,” paparnya.

Lantas, kata Klopp mengisahkan arti kemenangan Liverpool ini yang menurutnya, terlepas derby atau tidak, bermain melawan mereka tetap saja tidak mudah.

“Itu sebabnya 9-0 saya tidak tertarik (selebrasi berlebihan). Meskipun begitu, Itu benar-benar bermakna untuk para fan Liverpool jika mereka ingin merayakan 9-0, tentu para fan Liverpool merayakannya, tapi saya tidak akan melakukannya,” tutupnya.

Kemenangan ini sendiri  berarti bagi Liverpool. Saat ini untuk sementara Liverpool berhasil melakukan kudeta posisi puncak klasemen Liga Inggris dari Manchester City dengan 76 poin. 

Manchester City menguntit di posis kedua dengan dua poin lebih sedikit. Mereka baru bermain malam nanti pemain Brighton. Persaingan kedua tim ini kian sengit mengingat liga Inggris sendiri tinggal menyisakan 5 pertandingan lagi. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x