Kompas TV nasional politik

Bawaslu Tetapkan Koordinator Divisi dan Penanggung Jawab Wilayah untuk Pemilu 2024

Kompas.tv - 19 April 2022, 21:33 WIB
bawaslu-tetapkan-koordinator-divisi-dan-penanggung-jawab-wilayah-untuk-pemilu-2024
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja bersama anggota Bawaslu periode 2022-2027 seusai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 12 April 2022. (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 telah menetapkan anggota-anggotanya yang menempati posisi koordinator divisi, penanggung jawab wilayah dan perwakilan untuk Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

 

"Bawaslu menyampaikan Hasil Rapat Pleno Anggota Bawaslu tentang Susunan Penanggung Jawab Divisi dan Koordinator Wilayah Bawaslu Periode 2022-2027," kata Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dalam jumpa pers, Selasa (19/4/2022).

Bagja menjelaskan, keputusan rapat pleno dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, sebagaimana dimuat dalam Pasal 92 Ayat (8) yang menyebutkan Ketua Bawaslu dipilih dari dan oleh anggota Bawaslu.

"Dalam rapat pleno anggota Bawaslu, Pasal 92 ayat (10) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyebutkan bahwa 'Setiap anggota Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Ketua Panwaslu Kecamatan, dan Ketua Panwaslu Luar Negeri mempunyai hak suara yang sama'," ujarnya.

Rapat pleno pada Selasa menetapkan penanggung jawab divisi, koordinator wilayah Bawaslu periode 2022-2027 di 34 provinsi, serta perwakilan untuk DKPP.

Menurut Bagja, di periode ini Bawaslu menghidupkan kembali wakil koordinator wilayah dan wakil koordinator divisi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta KPU & Bawaslu Harus Segera Mulai Persiapan Pemilu dan Pilkada 2024!

Ia juga menjelaskan, para koordinator wilayah dapat menjalankan persiapan sembari menunggu diterbitkannya Peraturan Bawaslu terkait pola hubungan dan pelaksanaannya.

"Ini yang kami sepakati pada rapat pleno hari ini dan rapat pleno pada beberapa waktu lalu. Semoga hasil kali ini dapat menunjang tugas dan fungsi Bawaslu dalam mengawasi setiap tahapan pemilu 2024," ujar Bagja.

Berikut daftar koordinator dan wakil koordinator divisi Bawaslu 2022-2027

Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Pendidikan Pelatihan

Koordinator Divisi: Herwyn Jefler Hielsa Malonda       
Wakil Koordinator Divisi: Lolly Suhenty

Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x