Kompas TV olahraga kompas sport

Menpora Berharap Suporter Tanah Air Ikut Sukseskan Piala Dunia U20 2023

Kompas.tv - 15 April 2022, 02:35 WIB
menpora-berharap-suporter-tanah-air-ikut-sukseskan-piala-dunia-u20-2023
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan PSSI dengan tajuk "Apreasiasi Terhadap Suporter". Kegiatan ini sebagai apresiasi terhadap para suporter yang telah mensukseskan Piala Menpora, Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022. (Sumber: Kemenpora)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berharap suporter di tanah air bisa ikut menyukseskan ajang Piala Dunia U20 2023 yang akan digelar di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menpora dalam acara "Apreasiasi Terhadap Suporter" yang digelar PSSI, Kamis (14/4/2022).

Acara ini dilaksanakan sebagai apresiasi terhadap para suporter yang telah menyukseskan Piala Menpora, Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022.

“Saya apresiasi dan menyambut baik apa yang dilakukan oleh PSSI, ini adalah kegiatan menyongsong 92 tahun PSSI. Tidak terasa organisasi atau federasi yang kita cintai dan kita banggakan ini sudah cukup lama perjalanannya, dan dinamika serta liku-likunya juga sudah banyak menghiasi catatan sejarah persepakbolaan kita,” kata Menpora Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Menpora Amali memastikan pemerintah memberikan dukungan sepenuhnya pada PSSI, pengelola kompetisi, klub dan suporter. 

Baca Juga: Inilah Stadion Calon Venue Piala Dunia U-20 Indonesia 2023, Bersolek Sambut Perwakilan PSSI

Khusus untuk para suporter, saat ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

“Di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 itu suporter sudah diatur secara khusus, dia ada di pasal 55 dan seterusnya. Nanti bisa dibaca apa yang menjadi hak dan kewajiban dari para suporter, sehingga tahu apa yang menjadi hak dan apa yang menjadi kewajiban dari para suporter,” jelasnya.

Menpora Amali menambahkan, suporter memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai kejuaraan olahraga, tak hanya sepak bola.

Karena tanpa adanya suporter, semangat para atlet yang berlaga akan berkurang.  

“Ternyata ini bukan hanya di sepak bola, tetapi di kegiatan-kegiatan lainnya baik itu multi event maupun single event. Kita tahu selama pandemi ini semua penyelenggaraan kegiatan tanpa kehadiran penonton atau suporter,” tuturnya.

Baca Juga: Meski Berkualitas Internasional, JIS Tidak Jadi Venue Piala Dunia U20 pada 2023

“Sekali lagi ini bisa sukses karena dukungan suporter, dukungan penonton dengan patuh tidak datang ke stadion, tidak datang berkerumun dan bahkan tidak nonton bareng."

"Ini luar biasa orang semua tidak ada yang percaya bahwa penonton atau suporter Indonesia itu bisa tertib, bisa mematuhi aturan dan lain sebagainya. Ini terbantahkan semua,” ujar Zainudin Amali.

Terkait Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIFA Wolrd Cup U20 2023, Menpora berharap pada para suporter klub bisa menyambut dengan semarak dan ikut memeriahkan ajang kelas dunia tersebut. 

“Karena selain Tim Nasional Indonesia ada 23 tim nasional dari negara-negara lainnya akan datang," lanjut Menpora. 

"Kita berikan kesan yang baik bahwa suporter Indonesia, kalau nanti sudah diperkenankan untuk masuk ke stadion dan juga berada di luar luar stadion adalah penonton yang baik,” pungkasnya.

Baca Juga: Usai dari Korea Selatan, Timnas Indonesia U19 TC di Kroasia dan Ikut Turnamen Toulon

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x