Kompas TV internasional kompas dunia

Komite Investigasi Khusus Bentukan Warsawa: Rusia Bunuh Presiden Polandia Lech Kaczynski pada 2010

Kompas.tv - 12 April 2022, 04:15 WIB
komite-investigasi-khusus-bentukan-warsawa-rusia-bunuh-presiden-polandia-lech-kaczynski-pada-2010
Kepala komite investigasi khusus mengenai kecelakaan pesawat Presiden Lech Kaczynski pada 2010, Antoni Macierewicz menunjukkan laporan yang menyimpulkan kecelakaan pesawat itu adalah ulah Rusia, Senin (11/4/2022). (Sumber: Czarek Sokolowski/Associated Press)

WARSAWA, KOMPAS.TV - Sebuah komite investigasi khusus yang dibuat pemerintah Polandia merilis laporan terbaru penyelidikan kecelakaan pesawat yang menewaskan Presiden Lech Kaczynski pada 2010.

Laporan yang dirilis pada Senin (11/4/2022) ini menyimpulkan bahwa kecelakaan pesawat yang menewaskan Kaczynski adalah ulah Rusia.

Laporan ini memperkuat dugaan komite itu sebelumnya bahwa terbunuhnya Presiden Kaczynski adalah akibat rencana pembunuhan Kremlin.

Pada 10 April 2010 silam, pesawat Tu-154M buatan Uni Soviet yang ditumpangi Kaczynski, istrinya, serta 94 pejabat sipil dan militer jatuh di Oblast (daerah setingkat provinsi) Smolensk, Rusia. Tak ada penumpang yang selamat.

Baca Juga: Polandia Umumkan Stop Impor Minyak Rusia Akhir 2022, Jerman Minta Warganya Berhemat Gas

Kepala komite investigasi bentukan pemerintah Polandia, Antoni Macierewicz, menyebut kecelakaan itu akibat “tindakan melanggar hukum oleh pihak Rusia.”

“Bukti utama dan tak terbantahkan dari interferensi (Rusia) ini adalah ledakan di sayap kiri, diikuti ledakan di tengah pesawat,” kata Macierewicz dikutip Associated Press.

Mantan Menteri Pertahanan Polandia itu membantah pilot atau kru pesawat membuat kesalahan. Ia juga membantah jatuhnya pesawat semata disebabkan cuaca buruk.

Sebelumnya, investigasi oleh pakar penerbangan Rusia dan Polandia menyimpulkan kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan manusia (kru pesawat) di tengah cuaca buruk. Di lain sisi, pesawat Tu-154M yang ditumpangi sang presiden tidak dibekali kelengkapan navigasi yang canggih.

Laporan terbaru komite investigasi khusus ini dirilis di tengah invasi Rusia ke Ukraina yang dikecam Polandia. Warsawa mendukung sanksi berat terhadap Moskow sehingga memanaskan tensi kedua pihak.

Sebelumnya, komite tersebut telah beberapa kali menyampaikan dugaan bahwa Moskow membunuh Presiden Kaczynski.

Kecurigaan Warsawa diperkuat oleh keengganan otoritas Rusia menyerahkan bangkai pesawat yang mempersulit investigasi dari pihak Polandia.

Di lain sisi, laporan terkini komite disebut akan memperkuat sentimen anti-Rusia di Polandia. Warsawa kini dikuasai partai nasionalis yang sebagian pendukungnya mempunyai sentimen anti-Rusia (Uni Soviet) yang mana sangat berpengaruh pada politik Polandia semasa Perang Dingin.

Baca Juga: Pejabat Rusia Usul ‘Denazifikasi’ Lanjut ke Baltik, Polandia, Penasihat Zelensky Peringatkan Eropa


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x