Kompas TV olahraga kompas sport

Jelang SEA Games 2021, Shin Tae-yong Minta Timnas U23 Perbaiki Kualitas Passing

Kompas.tv - 8 April 2022, 21:10 WIB
jelang-sea-games-2021-shin-tae-yong-minta-timnas-u23-perbaiki-kualitas-passing
Timnas U23 Indonesia yang akan tampil di SEA Games 2021 telah memulai latihan mereka di Jakarta, Kamis (7/4/2022). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas U23 Indonesia yang akan tampil di SEA Games 2021 saat ini sudah berkumpul untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta. 

Sejak Kamis (7/4/2022) sore kemarin, skuad Garuda Muda telah memulai latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. 

Mengingat Shin Tae-yong saat ini berada di Korea Selatan bersama Timnas U19, latihan Timnas U23 sekarang dipimipin oleh pelatih lokal yakni Bima Sakti yang dibantu para asistennya di tim U16 Indonesia, seperti Indriyanto Nugroho, Firmansyah dan Markus Horison.

Meski sudah memulai latihan, seluruh skuad Timnas U23 belum lengkap karena masih menunggu penggawa lain yang merumput di luar negeri. 

Para pemain tersebut adalah Witan Sulaeman (FK Senica), Elkan Baggott (Ipswich Town), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Saddil Ramdani (Sabah FC).

Bima menjelaskan, meski tak memimpin latihan secara langsung, Shin Tae-yong terus berkomunikasi dengannya perihal menu latihan. 

Saat ini, Timnas U23 Indonesia masih fokus pemulihan fisik setelah menyelesaikan kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

"Saya berkoordinasi dengan coach Shin lewat coach Nova juga bahwasannya hari ini (kemarin) adalah latihan pertama mereka setelah mereka selesai beekompetisi, jadi ini masa transisi mereka. Coach Shin juga memberikan jadwal sore, dan malam gym," kata Bima Sakti dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (8/4/2022). 

Baca Juga: Shin Tae-yong Targetkan Timnas Indonesia Tembus Final SEA Games 2021

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga meminta para pemain untuk terus melatih passing bola mereka. 

"Latihannya tadi banyak ke passing, coach Shin selalu bilang ke kami, perbaiki passing mereka," lanjut Bima. 

"Terus ada rondo, kemudian ada small game, coaching point-nya masalah transisi, karena itu yang difokuskan coach Shin," ucap legenda Timnas Indonesia tersebut.

Rencananya, Timnas U23 akan menjalani TC di Jakarta hingga 12 April mendatang. Selanjutnya, Firza Andika dan kawan-kawan melakoni TC lanjutan di Korea Selatan sebelum terbang ke Vietnam untuk tampil di SEA Games 2021.

"Sambil menunggu keberangkatan mereka ke Korea, yang utama adalah peningkatan kondisi fisik mereka," ujar Bima. 

"Setelah satu Minggu (kompetisi selesai), seharusnya mereka istirahat, tapi mereka harus fokus lagi, karena harus bertanding di SEA Games 2021 bulan depan, jadi paling tidak mengembalikan kondisi fisik mereka."

"Oleh sebab itu, nanti malam ada gym, dan materi latihan sudah disampaikan oleh coach Shin," pungkasnya. 

Di SEA Games 2021 bulan depan, Timnas U23 Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam serta Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Panggil 29 Pemain Proyeksi SEA Games 2021

Baca Juga: Indonesia Segrup dengan Vietnam dan Myanmar di Sepak Bola SEA Games 2021



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x