Kompas TV nasional peristiwa

Indonesia Gandeng Spanyol Bangun Infrastruktur Digital dari Hulu hingga Hilir di Tanah Air

Kompas.tv - 8 April 2022, 20:30 WIB
indonesia-gandeng-spanyol-bangun-infrastruktur-digital-dari-hulu-hingga-hilir-di-tanah-air
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kanan) bersama Duta Besar Spanyol untuk Indonesia H.E. Francisco De Asis Aguilera Aranda (kiri) bertemu awak media usai menggelar pertemuan, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (08/04/2022). (Sumber: Kominfo)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia tengah menjajaki kerja sama dengan Spanyol untuk membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Tanah Air.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan,  pihaknya telah menerima kunjungan dati Duta Besar Spanyol untuk Indonesia H.E. Francisco De Asis Aguilera Aranda.

Baca Juga: Siap-Siap Bangun Rumah Sendiri Dikenai Pajak, Segini Biayanya

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak membahas potensi kerja sama antarkedua negara di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Johnny mengaku menyambut baik kerja sama antara Indonesia dan Spanyol di sektor TIK, terlebih kedua negara terseb6t telah menjalin hubungan baik.

“Saya menyambut baik, kerja sama ini pembiayaannya G to G atau government to government antara Spanyol dan Indonesia,” kata Johnny di Jakarta pada Jumat (8/4/2022).

Johnny menuturkan, ada beberapa proyek kerja sama yang sudah masuk project list Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang rencananya akan dibiayai oleh Pemerintah Spanyol.

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung Naikkan Pangkat 19 Perwira Tinggi TNI AD, Berikut Nama-namanya

Adapun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang rencananya akan dibiayai oleh Spanyol meliputi infrastruktur digital hulu (upstream ICT infrastructure) dan hilir (downstream ICT infrastructure).

“Khusus untuk teknologi informasi, infrastruktur digital upstream dan infrastruktur digital downstream, Pemerintah Spanyol ingin membiayai dan mengambil bagian dalam penyiapan infrastruktur tersebut,” tuturnya.

Menkominfo menegaskan Indonesia membuka ruang kerja sama yang luas untuk terus menghadirkan teknologi modern di Indonesia.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x